CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mudah Mengajukan KPR

Cara Mudah Mengajukan KPR – Rumah memang akan selalu menjadi kebutuhan dan impian setiap manusia. Sebagai salah satu bagian dari kebutuhan hidup manusia, memiliki rumah atau tempat tinggal ini sekarang termasuk kebutuhan penting. Namun karena harga rumah yang selalu naik setiap tahunnya membuat tidak semua orang mampu memiliki rumah seperti yang diinginkan. Pembelian secara kontan memang seringkali menyulitkan banyak orang, karena seseorang mengharuskan dirinya untuk menyediakan uang dengan jumlah yang besar. Tapi bila Anda saat ini memang benar-benar ingin memiliki rumah idaman, Caranya adalah dengan membeli rumah secara kredit melalui KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Dengan membeli rumah secara kredit melalui KPR ini, maka Anda hanya perlu mengangsur atau mencicil rumah yang Anda idamkan tersebut tiap bulannya tentunya dengan jumlah uang yang tidak seberapa jika dibandingkan jika membeli secara kontan.

cara mudah mengajukan kpr

Keuntungan Membeli Rumah Secara KPR

Memiliki rumah secara KPR mempunyai keuntungan-keuntungan disamping kita tidak memerlukan jumlah uang tunai yang banyak kalau membeli rumah secara kontan ada lagi beberapa keuntungan membeli rumah KPR antara lain.

1. Legalitas
Legalitas rumah lebih terjamin. karena tentunya bank benar-benar memperhatikan masalah legalitas rumah yang dikaitkan dengan pembiayaan KPR sehingga kita lebih aman di bagian legalitas rumah tersebut karena semua diurus oleh Bank.

2.Dijadikan Sumber Pendapatan

Anda bisa menjadikan rumah KPR anda sumber income dengan mengontrakkannya sehingga uang kontrakan itu bisa digunakan membantu mencicil angsuran KPR.

3.Anda bisa langsung menghuni Rumah tersebut

Anda bisa langsung menghuni rumah hanya dengan bermodalkan uang muka saja. Sedangkan sisanya bisa dicicil selama beberapa tahun. Hal ini membantu beban finansial Anda.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan KPR

Sebelum mengajukan KPR ke Bank disamping mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, anda harus mempersiapkan diri anda secara pribadi, simak beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain.

1.Pertahankan credit score anda tetap sehat

Pentingnya mempertahankan skor kredit yang sehat sering terlepas dari pikiran para profesional muda yang baru saja bergabung dalam dunia kerja sebuah kepentingan yang akan menyertakan mereka saat aplikasi pinjaman pribadi, KPR atau kredit mobil mereka ditolak.

Bagi mereka yang pernah ditolak oleh lembaga keuangan saat mengajukan aplikasi pinjaman, alasan umumnya adalah skor atau rating kredit yang buruk.

Apabila anda telah mempunyai pinjaman KTA, Kartu Kredit sebisanya jangan melewatkan satu pembayaran kartu kredit dapat membawa dampak negatif terhadap skor (rating) kredit Anda dan akhirnya menyulitkan anda mengajukan KPR di Bank.

2.Hitung kembali kemampuan Bayar sebelum mengajukan KPR

Sebelum mengajukan permohonan KPR, anda harus menyusun laporan keuangan, seperti bukti rekening koran selama 3 bulan terakhir di rekening tabungan anda. Rekening koran tersebut akan di lihat oleh bank sebagai bukti bahwa anda memang benar mempunyai penghasilan seperti yang anda tuliskan dalam permohonan KPR.

Lakukan teknik yang disebut menggoreng rekening tabungan dimana anda membuka minimal 2 tabungan sebut saja sebagai contoh Rekening Mandiri dan Rekening BRI. Lalu setiap hari atau minggu lakukan transaksi transfer, tarik dan simpan, sebagai contoh lakukan penarikan dana misalkan 10juta dari Bank Mandiri lalu simpan ke dalam Rekening Bank BRI lakukan berulang kali dengan nilai yang berbeda.

Sehingga saat Bank meminta rekening koran selama 3 bulan terakhir maka Bank akan melihat cashflow anda bagus karena seringnya terjadi transaksi.

3. Tentukan Rumah yang akan dibeli

Langkah pertama untuk bisa memiliki rumah secara kredit adalah dengan menentukan rumah yang akan dibeli. Untuk bisa menentukan rumah ini, Anda bsia melakukan dua hal. Pertama, dengan mendatangi bank dan minta informasi lokasi-lokasi rumah yang tersedia untuk kredit KPR. Kedua, mencari sendiri rumah atau perumahan melalui koran, internet, survei langsung ke beberapa lokasi atau info dari iklan tentang rumah KPR ini

4.Berkonsultasi Dengan Pihak Bank

Setelah rumah target KPR sudah dipilih, tahap selanjutnya Anda harus menanyakan segala hal yang berkaitan dengan rumah tersebut. Hal-hal yang perlu Anda tanyakan antara lain adalah seperti harganya, berapa uang mukanya, cicilannya,  berapa biaya tanda jadinya, cek gambar denah dan lokasinya apakah sudah benar,  dan tanyakan bagaimana proses kredit KPR nya.

Surat-Surat Yang Diperlukan Untuk Pengajuan KPR di Bank

Siapkan beberapa dokumen untuk mengajukan KPR. Dokumen-dokumen di bawah ini merupakan syarat mengajukan KPR

Syarat KPR Pegawai

  1. Fotokopi KTP suami/istri.
  2. Akta nikah/cerai.
  3. Fotokopi kartu keluarga (KK).
  4. Surat keterangan belum memiliki rumah (untuk beberapa daerah saja).
  5. Pas foto suami/istri 3×4.
  6. Dokumen untuk KARYAWAN.
  7. Slip gaji asli (berstempel perusahaan).
  8. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  9. Buku rekening tabungan selama 3 bulan terakhir.

Syarat KPR Untuk Wiraswasta

  1. Fotokopi SIUP
  2. NPWP
  3. Catatan Rekening Bank
  4. Surat Izin Praktek (untuk profesional)
  5. Slip transaksi perusahaan
    Catatan: Biasanya pihak developer akan membantu mengurus berbagai dokumen di atas seandainya Anda wiraswasta namun belum memiliki dokumen-dokumen tersebut.

Apabila disetujui, proses selanjutnya adalah tahap akad.

  1. Melunasi BPHTB (Bea Peralihan Hak Atas Tanah dan Bangunan)  5% dari harga jual rumah.
  2. Asuransi
  3. Provisi Kredit
  4. Asuransi properti
  5. Biaya notaris untuk pengikatan jual beli

Pencarian Populer:

Published by

CaraMudah

Seorang admin yang hobi menulis dan mengembangkan blog sederhana

Related Post

  • Translate »