CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mudah Memilih Ban Motor Terbaik

Ban Motor Terbaik tidak hanya dilihat dari harganya yang mahal atau produksi dari luar negeri tetapi harus dlihat juga dari kualitas dan ukuran ban itu sendiri apakah sesuai dengan motor anda.

Seperti anda tahu bahwa jenis ban ada yang disesuaikan dengan keadaan jalan basah atau kering, jenis kendaraan motor. Mengapa begitu pentingnya pemilihan ban untuk motor, sebut saja salah satunya adalah bahwa performa mesin motor yang bagus tidak akan maksimal bila tidak didukung oleh kualitas ban motor dan dari segi kenyaman dan keselamatan berkendaraan di jalan raya.

Mungkin memilih ban motor terkesan hal sepele karena kita tinggal pergi ke toko ban motor lalu memilih yang harganya murah atau yang desainnya bagus apalagi seiring perkembangan industri ban, berbagai varian produk ban motor makin banyak mulai dari bermacam ukuran, pattern/pola ban dan kompon. Padahal memasang ban diluar dari ukuran yang direkomendasikan tentu bisa menjadi masalah karena desain ban standar tentu sudah melalui berbagai macam riset test performance, kestabilan, torsi mesin dan lainnya. Dan perbedaan bahan kompon ban untuk balap tetapi dipakai harian tentu akan bermasalah karena ban untuk balap tidak cocok dengan kondisi jalan berlumpur dan genangan air.

Sebelum kita mengganti ban, mari kita perhatikan beberapa tips pemilihan ban motor terbaik dibawah ini.

Tips Pemilihan Ban Motor Terbaik

1.Pilih Ban Berkualitas Bagus

Kualitas yang terbaik dalam pemilihan ban merupakan prioritas pertama, karena bila anda memilih ban kualitas buruk maka menyebabkan ban sepeda motor anda tidak awet dan anda sering menggantinya karena cepat tipis, dan dari segi kekuatan ban juga karena bila ban kualitas murah dipakai untuk kecepatan tinggi ditakutkan cepat panas dan bisa menyebabkan kecelakaan. Pilihlah ban yang berkualitas bagus, tidak apa-apa dengan harga yang mahal sedikit tetapi anda bisa berkendaraan dengan nyaman dan aman.

2.Pilihlah Ban dengan Guratan Yang Sesuai dengan Kondisi Jalan

Pilihlah ban dengan guratan ban yang sesuai dengan kondisi jalan yang sering anda lalui, sebagai contoh gunakan ban yang mempunyai guratan sedikit pada kondisi jalan yang panas, karena bila ban dengan guratan yang banyak sering terkena panas lalu terkena genangan air maka bisa mempercepat kerusakan dan peretakan ban itu.

3.Pilihlah Ukuran Ban yang sesuai dengan Motor

Ukuran ban harus sesuai dengan motor, karena sering kita lihat anak muda mengganti ban motor mereka dengan ukuran yang lebih kecil hanya untuk ikut gaul padahal ini berbahaya karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Pada umumnya ukuran ban untuk sepeda motor bebek cocok dengan ukuran ban 70/90 dan 80/90, sedangkan untuk motor matic disarankan menggunakan ukuran ban 80/90 dan 90/90. Sedangkan untuk motor moge, motor sport bisa anda tanyakan pada teknisi ahlinya.

4. Pilih Tahun Pembuatan Ban Motor terbaru.

Tahun pembuatan ban motor juga mempengaruhi kualitas ban motor karena kalau ban motor stok lama yang sudah bertahun-tahun disimpan di gudang tentu akan menurunkan kualitas ban itu sendiri.

Biasanya tahun pembuatan dan kode produksi tertulis di sisi ban motor, misalkan kode produksi 1016 artinya adalah pembuatan ban tersebut di minggu ke-10 dan angka 16 merupakan tahun jadi pembuatan dibuat minggu ke-10 pada tahun 2016.

 

Beberapa bentuk pattern atau pola guratan pada ban motor

Nah ini beberapa pola guratan ban motor yang fungsinya sesuai dengan kondisi jalan,karena seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa guratan pada roda juga mempunyai fungsi dan arti yang berbeda.

1.Tipe Ban Kering

memilih ban motor terbaik

Guratan pada tipe ban kering ini cenderung mempunyai sedikit alur atau guratan atau mungkin polos tanpa alur sedikitpun, ban tipe kering bisa menaikkan performa kendaraan anda bila digunakan pada jalanan kering tanpa khawatir terpeleset karena ban ini mempunyai traksi terbaik, tetapi bila digunakan pada jalanan basah harap hati-hari karena cenderung lebih gampang terpeleset.

2.Tipe Ban Basah

memilih ban motor terbaik

Ciri ban motor tipe basah ini adalah mempunyai banyak guratan atau alur sampai pada tepi ban, jenis ban ini sangat cocok pada jalan yang basah, kegunaan alur ban ini adalah dapat membuang air saat ban berputar melewati jalanan basah, tetapi ban jenis basah ini akan berkurang traksinya bila dipakai pada jalan kering dan dapat cepat habis atau dikenal dengan ban gundul bila sering dipakai pada jalanan kering.

3. Tipe Ban Basah dan Kering

memilih ban motor terbaik

Ciri ban motor tipe basah dan kering ini mempunyai guratan atau alur yang tidak terlalu banyak dan traksinya bagus, jenis ban ini sangat umum digunakan di Indonesia atau negara yang beriklim tropis. Sebenarnya pabrik ban sudah menuliskan tipe ban apa disisi ban yang tertulis wet, dry atau wet dry.

 

Beberapa merk ban motor terbaik di Indonesia yang dapat menjadi pilihan anda.

Beberapa merk ban motor terbaik yang beredar di Indonesia ini dapat menjadi pilihan utama anda dalam membeli ban motor, ingat jangan pilih sembarangan ban motor, pilihlah ban motor kualitas prima.

1.IRC Tube Tire.

Merek IRC tentu sudah sering kita dengar , karena merk ini pasti tersedia di hampir semua bengkel motor dari yang kecil ataupun besar di seluruh Indonesia.

Produk buatan IRC ini merupakan ban yang memiliki kualitas yang unggul dengan harga yang terjangkau, ban ini tahan lama dan punya daya cengkeram yang cukup tinggi untuk musim panas ataupun hujan.

2.Bridgestone

Kestabilan adalah salah satu tujuan pemilihan ban untuk kendaraan anda. ban motor produksi Bridgestone ini memang dibuat secara khusus untuk memaksimalkan performa kendaraan atau sepeda motor anda. Anda dapat melihat keunikan ban motor produksi Bridgestone ini di sisi luar ban yang mempunyai tujuan agar ban dapat menyesuaikan dengan kondisi jalan sehingga terhindar dari selip ban.

3. Corsa

Merk ban yang asli produksi dalam negeri ini sudah dikenal di dunia sebagai ban terbaik, meski ini produksi dalam negeri tetapi memiliki kualitas dan kekuatan yang sangat terjamin dengan harga yang sangat murah dibandingkan ban motor produksi luar negeri, ban motor Corsa ini sangat cocok disegala medan.

Nah sekian beberapa tips untuk memilih ban motor terbaik dan beberapa merk ban terbaik, semoga artikel ini bermanfaat.

Pencarian Populer:

Published by

CaraMudah

Seorang admin yang hobi menulis dan mengembangkan blog sederhana

Related Post

  • Translate »