CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mudah Membuat Email Baru Di Google dan Yahoo

Cara mudah mendaftar email baru – Mungkin kamu mendengar istilah “Email” sudah tidak asing lagi apalagi di zaman yang koneksi internet relatif mudah di dapat dan smartphone yang sudah mendukung sumberdaya Internet.  Artikel kali ini akan menjelaskan cara mudah langkah demi langkah untuk membuat akun email agar kamu dapat mempraktekkan sendiri tanpa bantuan orang lain. Sebelum kita menuju ke inti artikel ini alangkah baiknya kita menengok sedikit pengertian email dan sedikit sejarahnya.

Pengertian Email

Pengertian email atau e-mail dapat kita ketahui dari kepanjangan email itu sendiri. Kata email merupakan singkatan dari Electronic Mail, yang dalam bahasa indonesia memiliki arti ‘surat elektronik’. Mengapa di sebut surat elektronik? Karena Email merupakan sistem yang memungkinkan pesan berbasis teks untuk dikirim dan diterima secara elektronik melalui komputer atau telepon seluler alias HP.

Sejarah Email

Konsep email pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson pada saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman “BBN” milik lembaga pertahanan Amerika. Pada awalnya” Ray bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG yang pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer, sehingga orang yang memakai komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai komputer “saat itu normal kteika banyak orang menggunakan komputer yang sama secara bergantian”.

orang yang pertama kali menemukan email

Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan mengirimkan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG dapat mengirimkan pesan ke komputer lain” namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan Itulah awal terciptanya email.

Pesan email pertama kali yang dikirim oleh Ray pada 1971 merupakan email pertama di dunia. Isi Pesanberupa “kata kata tes” sepenuhnya dilupakan, Kemungkinan pesan pertama yang dikirimkannya adalah QWERTYUIOP atau huruf serupa,” kata Ray dalam akun Flickr miliknya.

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan lambang @ “Indonesia dibaca ET” sebagai identitas email untuk memisahkan antara Identitas pengguna dengan domain. @ “bahasa inggris ditulis AT” artinya adalah Kepada.

Setelah kita mengetahui pengertian dan sejarah singkat dari email, mari kita simak cara mudah membuat akun email baru dari 3 provider email yang sudah terkenal.

Cara Mudah Membuat Email Google atau Gmail

Perusahaan Internet raksasa dunia Google juga menyediakan layanan email, layanan email Google atau disebut juga Gmail mempunyai beberapa fungsi penting yang dapat digunakan untuk menggunakana atau mendaftar layanan Google lainnya, beberapa fungsi email Google antara lain.

Fungsi Akun Email Google atau Gmail.

  1. Untuk membuat blog gratis di Blogspot/Blogger.
  2. Membuat akun Youtube – Anda bisa sharing video anda dan mendapatkan uang dari video anda
  3. Bagi yang punya smartphone Android bisa login ke Google Playstore lalu download aplikasi dan Game untuk Android.
  4. Bisa bergabung di Jejaring Sosial atau Google+
  5. Bisa bergabung di jasa iklan Google atau Google Adwords dan bergabung dengan Google Adsense
  6. Bisa ikut layanan Google lainnya antara lain Google Drive, Google Sheet ( Excel nya Google ) dll.

Langkah-langkah membuat akun Email Google.

1.Buka link www.gmail.com atau www.mail.google.com, lalu klik Create an Account

cara membuat email google

2.Berikutnya kamu harus mengisi identitas anda, misalkan Nama, Password, Tanggal Lahir dll.

isi-form-pendaftaran-untuk-melanjutkan-buat-email

  1. Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
  2. Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus belum digunakan orang lain).
  3. Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
  4. Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
  5. Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
  6. Gender : Pilih jenis kelamin anda.
  7. Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
  8. Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongi.
  9. Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.

Setelah mengisi semua field silahkan klik tombol Next Step

3.Pada langkah ini anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun pilih kode validasi akan dikirim via SMS.

pada-verifikasi-akun-klik-lanjutkan-untuk-membuat-email

4.Selanjutnya anda akan dibawa pada halaman Profil akun anda, pada halaman ini anda dapat menambahkan foto profil akun Google email anda dengan klik Menambahkan Foto Profil.

5.Setelah semua langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar makan akan ada sambutan dari Google lalu anda bisa klik Lanjutkan ke Gmail, akun email Google anda sudah siap anda gunakan.

Cara Mudah Membuat Email Yahoo

1.Buka tautan atau URL www.mail.yahoo.com lalu klik Sign Up untuk membuat akun email Yahoo

cara membuat email yahoo

2. lalu pada halaman berikutnya anda harus mengisi nama akun email Yahoo anda, No Handphone yang valid karena no handphone anda digunakan untuk mengirim kode validasi akun email Yahoo dan Tanggal lahir lalu klik Continue

cara membuat email yahoo

3.Pada halaman ini anda harus mengisi kode validasi yang sudah dikirimkan via SMS ke no handphone anda. lalu klik Verification/Verifikasi maka selamat akun email Yahoo anda sudah siap digunakan.

Published by

CaraMudah

Seorang admin yang hobi menulis dan mengembangkan blog sederhana

Related Post

  • Translate »