CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mudah Membersihkan Evaporator AC Mobil

Cara mudah membersihkan evaporator AC Mobil – membersihkan evaporator AC mobil tergolong susah-susah gampang, karena disebabkan semua komponen-komponen di AC mobil bisa dibongkar dan dibersihkan oleh kalian yg masih awam untuk komponen AC mobil.

Membersihkan evaporator AC mobil sangat disarankan tiap beberapa bulan sekali karena bila tidak dibersihkan maka sirkulasi udara yang kotor akan menimbulkan bau di kabin mobil dan AC menjadi kurang dingin. Fokus utama komponen AC mobil yang harus diperhatikan kebersihannya adalah evaporator, komponen ini berbentuk kotak yang berfungsi untuk menurunkan suhu udara yang melaluinya.

Cara mudah membersihkan evaporator AC Mobil.

Karena evaporator sendiri mempunyai saluran yang berliku sehingga bila ada kotoran yang menumpuk di saluran tersebut bisa menyebabkan proses pendinginan udara menjadi kurang, beberapa gejala banyaknya pengendapan kotoran di evaporator adalah hembusan angin AC di blower menjadi kecil atau berkurang.

Lubang evaporator yang letaknya cukup rendah di bawah dashboard mobil sangan rentan menghisap kotoran atau debu di karpet mobil.

Meskipun sekarang tersedia filter udara dan sudah banyak mobil yang memasangnya sendiri di dealer atau bengkel langganan mereka, tetapi kemungkinan terhisapnya kotoran ke dalam AC Mobil tetap tidak dapat dihindari 100 persen.

Perawatan AC mobil merupakan faktor yang harus diperhatikan secara rutin karena bila tidak diperhatikan dan kotoran terus menumpuk maka tidak dapat menutup kemungkinan komponen AC akan mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru.

Membersihkan evaporator AC mobil bisa dilakukan di bengkel mobil resmi atau langganan terpercaya anda, tetapi bila anda tidak ada waktu ke bengkel anda bisa membersihkan evaporator AC mobil sendiri dirumah dengan menggunakan cairan pembersih evaporator AC yang sekarang sudah banyak dijual di toko-toko sparepart mobil.

Beberapa rekomendasi spray pembersih AC mobil yang terdapat di pasaran adalah merek Hazecool , spray pembersih ini sudah banyak direkomendasikan orang dan dapat dibeli dengan harga yang sangat terjangkau.

 

cara-mudah-membersihkan-ac-mobil

AC Mobil

Cara membersihkan AC menggunakan cairan pembersih evaporator AC.

Membersihkan AC menggunakan cairan khusus pembersih AC memang tergolong cara yang paling mudah, tetapi meskipun mudah terdapat langkah-langkah yang harus anda lakukan, mari kita simak langkah-langkah tersebut sebagai berikut.

 

Buka terlebih dahulu filter AC Mobil

Langkah pertama anda dapat membuka filter AC, biasanya filter AC terletak dibelakang glove box atau bila anda masih bingung letaknya maka anda dapat membacanya di buku petunjuk mobil anda.

Langkah-langkah membuka filter AC juga terdapat di buku petunjuk mobil anda, ikuti langkah-langkah tersebut agar selama proses pelepasan filter AC tidak menggangu komponen AC yang lain, disini anda juga harus melihat filter AC nya apakah masih bersih atau harus perlu diganti.

Selanjutnya arahkan spray cairan pembersih evaporatornya ke arah blower AC agar foam pembersih dapat masuk dengan benar kedalam blower AC mobil.

 

Nyalakan AC Mobil dengan setting maksimal

Nyalakan mesin mobil anda dan AC mobil anda dengan settingan maksimal, lalu semprot ke blower AC anda, dan bukalah jendela mobil anda. bila pada saat penyemprotan cairan pembersih ini keluar air dari ventilator AC mobil maka biarkan saja.

Setelah anda menyemprotkan cairan pembersih AC itu sampai habis, maka biarkan AC Mobil dan mobil menyala selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit, anda juga dapat membersihkan dengan lap cairan atau air yang keluar dari ventilator AC, karena kotoran di AC mobil akan keluar bersama dengan air yang keluar dari ventilator AC mobil tadi setelah penyemprotan.

Bila AC mobil anda memang normal dan hanya kotor saja, maka AC mobil akan terasa lebih dingin.

Demikianlah tips singkat cara mudah membersihkan evaporator AC Mobil, semoga tips ini bermanfaat bagi anda.

 

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner