CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mudah Download Menggunakan Torrent di Windows dan Android

Cara Mudah Download Menggunakan Torrent – Pada kesempatan ini kami akan membahas cara mudah download film, games, atau data lainnya menggunakkan Torrent baik dari platform Windows ataupun Android. Tetapi sebelum kita masuk ke langkah demi langkah cara download menggunakan Torrent, kita akan mengawali dengan pengertian apakah Torrent itu dan cara kerjanya.

Apakah Torrent itu ?

Torrent adalah sebuah metode download secara P2P (Peer-To-Peer). Apakah itu P2P ?  P2P adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih dalam suatu jaringan. Saat kita men-download suatu file melalui Torrent, komputer di seluruh dunia yang sedang men-download file yang sama akan berhubungan untuk saling men-transfer data satu sama lain. Dengan menggunakan torrent kita tidak memerlukan server lagi karena cara kerja nya adalah leech and seeder. 

Sebelum melangkah lebih jauh, marilah kita pahami dulu beberapa istilah umum dalam Torrent yang sering digunakan.

1. Seeder adalah sebutan untuk seseorang yang telah selesai men-download file. Saat ini tugas Seeder hanyalah meng-upload seluruh file yang dia punya ke orang lain yang belum selesai men-download (Leecher). Setelah menjadi Seeder, dia tidak lagi melakukan proses download melainkan proses upload.

2. Leecher adalah sebutan untuk seseorang yang sedang men-download file. Leecher melakukan 2 proses transfer secara bersamaan, yaitu Download dan Upload. Mengapa Upload ? Karena dia juga harus membagi file yang dia punya ke orang lain yang belum memiliki utuh file yang bersangkutan. Itulah prinsip Torrent yang utama, yaitu harus saling berbagi satu sama lain.

3.Peer adalah istilah yang digunakan untuk semua pengguna torrent yang sedang terkoneksi dengan tracker/server baik yang sedang melakukan proses download maupun upload.

4.Tracker berfungsi sebagai server, dimana Tracker ini akan mengatur proses download semua user dan mengidentifikasi lokasi network dari orang-orang yang mendownload, upload/sharing sebuah file. Server menyimpan sejumlah data seperti berapa banyak peer, leecher, dan seeder info lainnya dari sebuah file torrent.

Torrent diwakili oleh sebuah file yang berektensi .torrent, file torrent ini diibaratkan sebagai sebuah lokasi atau peta untuk menuju ke lokasi file tersebut. Semua informasi dan metadata yang ada didalam file torrent inilah yang akan digunakan sebagai acuan oleh Torrent Client untuk mendownload (sekaligus mengupload) file yang kamu inginkan.

Kamu dapat mencari file torrent ini dari berbagai situs yang menawarkan searching file torrent atau repository file torrent misalkan thepiratebay.org. dalam memilih file torrent kamu harus memilih yang health nya bagus yaitu jumlah seeder nya banyak karena makin banyak seeder makin cepat proses downloadnya.

Setelah kamu mendapatkan torrent file selanjutnya jalankan BitTorrent client, BitTorrent client merupakan sebuah program yang bertugas download file/berkas yang terdistribusi file sharing peer-to-peer, BitTorrent client ada bermacam-macam yang sering dipakai andalah uTorrent  dan BitTorrent

Cara Mudah Download Menggunakan Torrent dari Windows

1.Setelah kamu mendapatkan file .torrent selanjutnya kamu harus download torrent client lalu menginstallnya di komputermu, kamu dapat menggunakan utorrent atau BitTorrent, saat ini kita akan menggunakan uTorrent karena aplikasi ini sangat ringan. Kamu dapat mendownload uTorrent disini.

2.Setelah terdownload, file .torrent tersebut kita masukkan pada aplikasi uTorrent Client tadi (proses input file .torrent dapat dilihat pada manual page pada tiap aplikasi) maka proses download akan dilakukan oleh uTorrent Client tersebut, anda dapat melihat statistik data besar file, jumlah peers, jumlah seeders dan lain-lain.

cara mudah download menggunakan torrent

3.Terakhir tinggal tunggu prosesnya hingga selesai. Jika ukurannya di atas 1 GB biasanya akan makan waktu antara setengah hari hingga 1 hari, tapi tidak usah ditunggu biarkan jalan sendiri. Tandanya kalau proses sedang jalan, akan ada keterangan mengenai kecepatan downloadnya yang mana pada aplikasi tersebut ditulisan dengan menu “Down Speed”. Dan bila telah selesai juga akan ditandai dengan tulisan “Seeding” di dalam aplikasinya, kadang hijau kadang juga merah tulisannya. Kecepatan download torrent tergantung jumlah seeder dan kecepatan koneksi internet kamu.

Baca jugaCara Mudah Membuka ( Ekstrak ) File ZIP, Rar, 7z di Windows 7

Cara Mudah Download Menggunakan Torrent dari Android

Cara kerjanya sama persis dengan yang di komputer, kalo kamu udah sering pakai maka nggak ada masalah. Di Android ada banyak banget aplikasinya, mari kita ambil contoh satu aja yak. Misalnya pake uTorrent, aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Play Store.

Langkah-Langkah download torrent dari Android

1.Download aplikasi utorrent lalu install di Android kamu, setelah itu jalankan aplikasinya. maka akan tampil layar sebagaimana berikut.

cara mudah download torrent di android

2. tekan tombol Search, lalu masukkan kata kunci/keyword torrent yang mau anda download, lalu otomatis aplikasi utorrent akan mencari file torrent dan akan menampilkan daftar torrent, pilih salah satu torrent lalu tekan tombol magnet untuk memulai download torrent setelah selesai download maka otomatis utorrent akan membuka file torrent tersebut dan anda harus memasukkan folder tempat penyimpanan hasil download lalu klik Add untuk memulai download.

Nah bagaimana sangat mudah kan untuk download torrent. Happy Download.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post