CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Kunyit

Cara mengobati asam lambung dengan kunyit – Memang bisa mengobati asam lambung dengan kunyit? Kunyit merupakan salah satu tumbuhan yang memang sudah cukup banyak digunakan untuk keperluan dapur. Selain menjadi keperluan dapur, ternyata kunyit ini juga berguna sebagai obat asam lambung paling ampuh. Untuk menjaga kesehatan dilakukan dengan pengobatan yang aman dan tidak ada efek samping berbahaya bagi kesehatan, termasuk menggunakan herbal alami. Mengobati penyakit asam lambung juga bisa dilakukan dengan kunyit.

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa nyeri di lambung biasanya terjadi dikarenakan tukak di selaput lendir lambung, sebab produksi asam lambung yang berlebih. Bahkan tukak mengeluarkan darah dan akibatkan penderita alami muntah darah.

Tukak juga bisa menembus dinding susu, hingga bisa sebabkan peradangan selaput perut. Nyeri lambung ini umumnya bertahun – tahun dengan rasa sakit yang bisa hilang dan muncul kembali. Rasa sakitnya seperti menggingit – gigit di daerah lambung akan menjalar ke punggung.

Cara-Mengobati-Asam-Lambung-dengan-Kunyit1

 

Penyebab Utama Asam Lambung

Penyebab utama nyeri lambung atau asam lambung ini terjadi dikarenakan kebiasaan yang kurang baik, seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, atau pun depresi, pikiran tegang, tak tenang, sering cemas, makan tak teratur, kerja berat, atau pun kurang tidur juga bisa sbeabkan kadar asam lambung meningkat, kemudian sebabkan luka di lambung.

Untuk atasi sakit nyeri lambung ini bisa menggunakan ekstrak kunyit dengan jumlah dosis 3 kali 1.6 gram per harinya, dengan waktu selama 1 minggu. Senyawa aktif yang ada di dalam kunyit berguna untuk atasi nyeri lambung atau asam lambung yang merupakan kandungan minyak atsiri, seperti borneol, cineol, turmerone, dan juga zingibirene.

Kerja senyawa dalam kunyit adalah mencegah produksi berlebih asam lambung, sehingga erosi selaput lendir di lambung bisa dihindari. Zat alkaloid curcumin sebagai antikuman sangat berguna sekali untuk rangsang dinding kantung empedu untuk mengeluarkan cairan pempedu. Sehingga menjadikan sistem pencernaan bekerja lebih optimal lagi.

 

Cara Mengobati Asam Lambung dengan Kunyit

Silakan Anda cincang dua rimpang kunyit seukuran ibu jari, lalu beri air sebanyak 1.5 gelas untuk merebus kunyitnya hingga mendidih, kira – kira selama 15 menit. Bila sudah saring untuk diminum 3 kali sehari hingga nyeri di lambung Anda tak ada lagi. Juga bisa dicampurkan dengan madu murni atau pun gula merah.

Anda juga bisa menggunakan kunir atau kunyit yang dihaluskan dengan beberapa alat, lalu dijemur sampai kering, sehingga jadi bubuk. Ambil 1 sendok teh bubuk kunyitnya, lalu tuangi dengan air mendidih setengah gelas saja. aduk – aduk kemudian saaring untuk diambil airnya, tambahkan dengan madu murni, lalu minum.

Demikianlah tadi kilas informasi tentang cara mengobati asam lambung dengan kunyit. Semoga saja bisa bermanfaat.

 

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner