CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mengetik 10 Jari Paling Mudah dan Cepat Mahir

Tekhnik mengetik memang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia apalagi yang bekerja, mulai dari zaman mesin ketik sampai zaman komputer sekarang, Mungkin kalian yang berprofesi di depan layar komputer sudah tidak asing lagi dengan yang namanya keyboard, yah keyboard adalah papan ketik yang terdiri dari tombol-tombol yang mewakili huruf, angka dan simbol-simbol karakter, dan kalian sering mengetik menggunakan keyboard baik itu mengetik tugas akhir ataupun pekerjaan, adakah diantara kalian yang merasa kecepatan mengetik kalian agak lambat, Nah anda datang di blog yang tepat karena di artikel ini kita akan belajar cara mengetik 10 jari paling mudah untuk pemula.

Menggunakan teknik cara mengetik 10 jari pertama kali bagi anda yang belum terbiasa menggunakan 10 jari pasti akan muncul rasa kaku, kesal karena anda harus menggunakan kesepuluh jari anda dan itu rasanya kaku, tapi memang seperti itulah awalnya karena bila kita sudah terbiasa mengetik 10 jari maka produktivitas anda meningkat karena anda bisa lebih cepat mengerjakan tugas atau pekerjaan anda.

Mari kita simak beberapa tutorial dan video cara mengetik 10 jari dari Youtube, tenang anda tidak perlu merasa ragu tidak mampu, kita semua bisa lincah dan mahir asalkan tetap mau disiplin berlatih.

1. Cara Mengetik 10 Jari dari Youtube Video

Video tutorial cara mengetik 10 jari  di Youtube sangat banyak jumlahnya, tapi kali ini video yang akan kami pakai adalah yang dibuat oleh Howcast.com, di video ini latihan yang harus ditekankan dan diperhatikan adalah posisi tangan ketika diletakkan di keyboard terutama kedua jari telunjuk dimana jari telunjuk kiri menekan tombol F dan jari telunjuk kanan menekan tombol J, ingat kedua itu adalah patokannya.

Dalam video tersebut yang terpenting adalah posisi jari tangan seperti dijelaskan dibawah ini.

Posisi Jari Tangan Kiri :

  1. Jari kelingking: Jari kelingking pada tangan kiri bertugas untuk menekan tombol huruf Q A Z, tombol [shift] bagian kiri dan tombol angka [1].
  2. Jari manis: Jari manis pada tangan kiri bertugas untuk menekan tombol atau tuts huruf W S X dan tombol angka [2].
  3. Jari tengah: Jari tengah pada tangan kiri bertugas untuk menekan tombol atau tuts huruf E D C dan tombol angka [3].
  4. Jari telunjuk: Jaru telunjuk pada tangan kiri bertugas untuk menekan tombol atau tuts huruf R T F V B dan tombol angka [4], [5].
  5. Ibu jari: Bertugas untuk menekan space bar.

Posisi Jari di Tangan Kanan.

  1. Jari kelingking: Jari kelingking pada tangan kanan bertugas untuk menekan tombol huruf [P], tombol angka [0], tombol [;], serta tombol [shift] yang ada pada bagian kanan.
  2. Jari manis: Jari manis pada tangan kanan bertugas untuk menekan tombol huruf O L, tombol, dan tombol angka [9].
  3. Jari tengah: Jari tengah pada tangan kanan bertugas untuk menekan tombol huruf I K, tombol , , dan tombol angka [8].
  4. Jari telunjuk: Jari telunjuk pada tangan kanan bertunangan untuk menekan tombol huruf Y U H J N M, dan menekan tombol angka [6], [7].
  5. Ibu jari: Sama dengan ibu jari pada tangan kiri, ibu jari pada tangan kanan juga bertugas untuk menekan space bar.

Cara Mengetik 10 Jari Paling Mudah

 

Beberapa Aplikasi Online untuk Melatih Mengetik 10 Jari dengan Mudah

1.typing.com

Kita dapat melatih kecepatan mengetik kita di website typing.com ini, beberapa fitur yang menarik yang dapat ditemukan di website ini adalah ada games-games yang dapat membuat kita berlatih meningkatkan kecepatan dan keakurasian mengetik.

cara mengetik 10 jari dengan mudah

2.typingtutor-online.com

Kita dapat juga menggunakan website ini untuk melatih kecepatan mengetik kita, dapat dikatakan website ini memberikan fasilitas yang lebih menarik, karena kita akan diberikan latihan bertahap, mulai dari baris keyboard yang atas dulu atau yang bawah sehingga kita akan dibuat terbiasa tahap demi tahap.

Keuntungan Mengetik Menggunakan 10 Jari dengan Mudah

Pada sebagian besar orang tentu sudah cukup puas bisa mengetik menggunakan 11 jari sebutan untuk orang yang pakai 2 jari saja untuk mengetik. Padahal mengetik dengan 10 jari tentu banyak keuntungan yang didapat, beberapa keuntungannya antara lain.

Pekerjaan lebih efisien Dengan mengetik menggunakan 10 jari tentu dapat lebih cepat daripada dua jari karena semua tombol keyboard terbagi di setiap jari tangan, sehingga karena kita mengetik lebih cepat maka waktu menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih cepat pula.

Pekerjaan lebih efekti Dengan mengetik menggunakan 10 jari, maka kita hanya melihat ke layar komputer saja, tanpa perlu melihat ke keyboard sehingga waktu pekerjaan terfokus pada kegiatan mengetik bukan untuk melihat dan mencari tombol huruf atau angka di keyboard.

Menjadi tidak mudah cepat lelah Badan kita menjadi tidak mudah lelah karena beban mengetik disalurkan kesemua jari tangan, dan dapat menjadikan pekerjaan lebih cepat selesai sehingga kita tidak stress karena pekerjaan menumpuk.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat latihan mengetik pakai 10 jari. sukses

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post