CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami – Haid merupakan siklus rutin bulanan yang terjadi pada setiap wanita yang sudah dewasa. Namun pada sebagian wanita yang mengalami haid, akan merasakan nyeri terutama di sekitar perut dan juga pinggang, nyeri haid dalam bahasa kedokteran disebut disminore, hal ini terjadi karena proses peluruhan sel darah merah di dalam rahim, yang akan mengakibatkan efek nyeri pada sekitar perut. Nyeri haid bisa dikatakan normal bila tidak terjadi secara terus menerus selama masa menstruasi. Biasanya nyeri haid ini terjadi pada saat haid pada hari pertama dan ketiga, dimana proses peluruhan darah kotor sedang dalam puncaknya.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa nyeri haid normal terasa pada semua wanita asal tidak terus menerus, untuk mengatasi nyeri haid kita dapat menggunakan cara-cara alami tentunya tanpa menggunakan obat-obatan.

Mengatasi nyeri haid dengan kompres hangat

Kita dapat menggunakan kompres air hangat, taruh air hangat di dalam botol atau tempat khusus untuk mengompress lalu letakkan di atas perut yang terasa nyeri biasanya nyerinya akan berkurang. teknik ini adalah untuk relaksasi otot-otot rahim yang terus berkontraksi sehingga timbul rasa nyeri.

Mengatasi nyeri haid dengan makan makanan bergizi

Menurut penelitian bahwa memakan makanan yang banyak mengandung vitamin E, asam lemak Omega-3, Vitamin B1, B6, Kalsium dan magnesium sebagai contohnya adalah buah pisang yang banya mengandung magnesium, jus nanas yang banyak mengandung zat Bromelain yang bermanfaat mengendurkan otot-otot tegang, Brokoli juga bagus karena selain sebagai anti oksidan juga mengadung vitamin A, vitamin C, Vitamin B6, Potassium dan Magnesium. dan hindari juga minuman beralkohol dan merokok karena bisa menambah nyeri haid itu sendiri.

Mengatasi nyeri haid dengan minum teh herbal

Meminum teh herbal terutama teh chamomile, teh beraroma bunga, menurut penelitian bahwa teh chamomile ini mengandung senyawa Hippurate yaitu suatu senyawa dalam tubuh yang berperan sebagai anti inflamasi alami. dan juga dengan minum teh bisa membantu relaksasi otot-otot perut dan rahim yang tegang sehingga bisa juga mengurangi rasa nyeri haid.

Mengatasi nyeri haid dengan berolahraga

Rasa nyeri haid tentu membuat penderita merasa malas beranjak dari tempat tidur, tetapi dengan berolahraga bisa membuat rasa sakit menghilang karena saat kita berolahraga maka tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang bekerja mengurangi rasa sakit dan memperbaiki mood, Anda bisa berolahraga ringan seperti jogging, jalan kaki dan yoga.

Mengatasi nyeri haid dengan minum jamu Kunyit Asam

Tradisi jamu adalah tradisi di Indonesia, dimana orang tua kita tentu sering meminum jamu untuk kesehatan tubuh. jamu memang banyak manfaatnya salah satunya jamu kunyit asam, selain menyegarkan tubuh juga dapat mengurangi nyeri haid.

Mengatasi Nyeri haid dengan istirahat

Istirahatlah yang cukup setidaknya tidur selama 7 jam di malam hari dan tidur siang selama 1 jam dapat membuat tubuh rileks dan bugar sehingga mengurangi rasa nyeri haid.

Itu semua adalah cara mengatasi nyeri haid secara alami yang bisa kamu praktekan di rumah, namun bila nyeri haid terasa berlebihan atau mengeluarkan darah sebaiknya anda segera ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post