CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memory Card Android Marshmallow

Bagi pengguna smartphone Android yang sudah terinstall atau diupgrade ke Android Marshmallow kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah ponsel memory yang terbatas karena meng-install games atau aplikasi yang memakan ruang memory ponsel yang banyak. di Android Marshmallow ini sudah terdapat fitur bawaan untuk memindahkan aplikasi dari ponsel memory kedalam memory card, apalagi di hp android kamu sekarang sudah dipasang memory card berkapasitas besar.

Syarat pertama dan harus dilakukan adalah kamu harus memformat memory card kamu agar bisa terbaca sebagai memory internal. bila belum dilakukan simak caranya sebagai berkut.

Bila ponsel kamu sudah terinstall Android Marshmallow, maka saat pertama kali kamu memasukkan MicroSD ke smartphone, kamu akan diberikan 2 pilihan yaitu : Gunakan sebagai penyimpanan portable atau Gunakan sebagai penyimpanan Internal. 

Android-Marshmallow-MicroSD-Memori-Internal

Kamu juga bisa memunculkan opsi pengaturan diatas melalui Pengaturan -> Penyimpanan & USB -> Pilih kartu SD lalu pilih ikon yang bergambar 3 titik di pojok kanan atas lalu pilih Format sebagai Internal atau Portabel.

Android-Marshmallow-MicroSD-Penyimpanan-Internal

Keuntungan Mengubah Memory Card menjadi memory internal

Bila Memory card kamu dirubah menjadi memory internal maka otomatis aplikasi atau games akan dpindahkan ke memory card, sehingga bagi pengguna ponsel Android yang hobi koleksi aplikasi atau games tidak perlu khawatir lagi dengan masalah kekurangan memory.

Whatsapp images bagi pengguna Whatsapp akan otomatis juga pindah ke memory card jadi bagi yang ikut grup diskusi di Whatsapp dan sering menerima sharing image tidak perlu khawatir lagi tiba-tiba memory kamu penuh karena Whatsapp images.

Kekurangan Menjadikan Memory Card kedalam format Memory Internal.

Kekurangan yang kamu dapat setelah merubah memory card kamu menjadi memory internal adalah kamu tidak dapat mengakses konten memory card kamu dari PC, ini dikarenakan Google telah mengenkripsi memory card kamu sebagai aspek keamanan.

Untuk mendapatkan performa optimal gunakan memory card MicroSD minimal kelas 10 atau lebih tinggi karena bila pakai memory card dengan kecepatan read dan write yang rendah maka akan bisa jadi masalah dikemudian hari.

 

Cara Memindahkan Aplikasi ke Memory Card Android Marshmallow

Bila langkah pertama diatas telah kamu lakukan dan sukses, maka untuk memindahkan suatu aplikasi atau games, kamu cukup masuk ke menu Pengaturan -> Penyimpanan & USB -> Penyimpanan Internal -> Aplikasi -> lalu pilih aplikasi apa yang mau kamu pindahkan ke memory card.

Akan muncul detail dari lokasi aplikasi saat itu, kamu tinggal tap lalu akan muncul menu baru, lalu ganti penyimpanan ke Kartu SD, lalu ikutin prosedur nya.

Cukup mudah bukan, kamu tidak perlu lagi melakukan root pada ponsel Android kamu, karena dengan fitur ini di Android Marshmallow kamu sudah bisa sangat mudah untuk memindahkan aplikasi ke memory card, kaum hanya cukup menyediakan memory card yang mempunyai minimal class 10.

Pencarian Populer:

Published by

CaraMudah

Seorang admin yang hobi menulis dan mengembangkan blog sederhana

Related Post

  • Translate »