CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Membuat Kompos dengan Baik dan Benar

Cara Membuat Kompos dengan Baik dan Benar – Kompos merupakan sisa – sisa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai pupuk yang fungsinya untuk menyuburkan tanaman dan tanah, sehingga nantinya tanaman yang anda tanam bisa tumbuh dengan hasil yang maksimal dan menjadi salah satu jenis media yang penting dalam hal berkebun. Kompos ini sendiri merupakan pupuk alami yang terbuat dari daun daun kering hingga aneka jenis sampah lainnya yang dikelola sedemikian rupa.

Ada banyak cara yang bisa anda coba lakukan dalam membuat kompos dan tentu saja merupakan salah satu cara yang mudah dilakukan untuk anda yang ingin mencoba membuat pupuk alami yang mudah dibuat dan memerlukan biaya ringan, untuk membuat pupuk komposnya. Berikut adalah beberapa cara membuat kompos yang baik dan benar, dan bisa anda coba lakukan berikut ini.

Cara-Membuat-Kompos-dengan-Baik-dan-Benar

Cara Membuat Kompos

1.Persiapan bahan baku

Yang pertama adalah dengan mempersiapkan bahan baku untuk pupuk kompos alami ini, dimana anda bisa mencoba menggunakan sampah – sampah yang digunakan untuk pupuk kompos ini. Misalnya saja seperti daun – daunan, hingga jenis sampah lainnya, yang baik untuk media bahan baku pupuk kompos ini. Pilih sampah sesuai dengan jenisnya. Biasanya anda bisa mencoba memilih sampah plastik dengan sampah daun, dan memisahkan kedua jenis sampah tersebut, untuk menghasilkan kompos yang baik.

 

2.Siapkan wadah

Yang kedua adalah dengan menyiapkan wadah. Wadah yang diperlukan dalam membuat kompos ini sendiri biasanya menggunakan tong atau ember dan jenis wadah lainnya yang layak. Gunakan wadah yang tertutup agar nantinya anda bisa menghindari wadah dari kontaminasi air hujan dan juga aneka binatang lainnya. Ambil tanah secukupnya, dan letakan diatas wadah, lalu siram dengan air.

 

3.Membuat kompos

Masukan sampah daun dan sampah limbah rumah tangga diatas lapisan tanah, dan kemudian anda ratakan dan tunggu hingga ketebalannya sama. Setelah itu, tutup lapisan sampah dengan tanah dan siram air kembali. Kemudian, anda bisa menutup wadah dengan tutup yang sudah disediakan. Fungsi penutup ini sangat penting untuk mencegah terjadinya lalat dan genangan air. Letakan wadah dalam tempat yang aman, dan tunggu dalam kurun waktu 3 minggu, hingga siap untuk diproses.

 

4.Penggunaan pupuk kompos sederhana

Dalam penggunaannya, pupuk kompos ini sendiri, biasanya diguanakan pada media tanaman seperti campuran untuk polybag, hingga jenis media tanah lainnya. Pupuk kompos ini sendiri, biasanya digunakan untuk campuran antara tanah dengan arang yang akan menghasilkan tanah yang bagus dan subur, untuk mengembangbiakan aneka tanaman dengan kualitas yang baik.

Demikian langkah – langkah dalam proses pembuatan kompos yang baik dan benar, sehingga menjadikan media tanam anda menjadi lebih subur. Selamat mencoba.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner