CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Membuat Donat Yang Sederhana, Praktis dan Lezat

Siapa sih yang tidak menyukai donat? Semua orang dipastikan sangat menyukai makanan yang satu ini. Kue berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya dan biasanya disajikan dengan toping aneka rasa mulai dari keju, coklat, selai hingga meses membuat donat menjadi salah satu makanan favorit semua orang. Namun apakah anda tahu kalau membuat donat sendiri dirumah maka donat buatan anda akan mempunyai nilai tersendiri terutama dalam hal kepuasan jika dibandingkan membeli donat di dunkin donat, jco ataupun gerai gerai donat lainnya. Dengan cara membuat donat yang akan kami berikan berikut ini anda dapat berkreasi dengan berbagai macam toping yang anda sukai ataupu  bereksperimen dengan toping toping baru dan menghasilan rasa baru yang berbeda.

Untuk dapat membuat donat dengan tekstur lembut dan lezat anda tidak perlu untuk mencari cari resep lagi karena kami menyajikan cara membuat donat yang kami jamin akan membuat kepuasan anda dalam membuat donat. Kesalahan yang biasanya dibuat dalam membuat donat adalah sulitnya mengembang dan malah berbentuk bantat, biasanya ini terjadi karena pemilihan tepung terigu yang tidak berkualiatas dan proses pengulenen yang salah atau tidak baik. Oleh karena itu apabila anda mengikuti cara membuat donat yang kami sajikan ini, dipastikan anda akan mendapatkan hasil dengan tekstur lembut dan terasa sangat lezat.

 

cara membuat donat

 

Cara Membuat Donat Yang Sederhana, Praktis dan Lezat

 

Tepung terigu 1 / 2 kg

Gula sendok pasir 4 sendok makan

Mentega 3 sendok makan

Ragi instan 1 / 2 bungkus

Air 200 cc

Susu bubuk 3 sendok makan

Garam 2 sendok teh

Telur 2 butir

 

Cara Membuat Adonan Donat

 

  1. Kocok telur hingga berbusa, lalu aduk rata dengan garam, gula pasir, susu, tepung terigu dan mentega hingga tercampur rata semuanya.
  2. Larutkan ragi ke dalam air yang sudah disiapkan dan masukkan adonan yang sudah dibuat sebelumnya (no 1), uleni hingga kalis lalu terakhir masukkan ke dalam tempat tertutup selama 21 menit hingga adonan mengembang
  3. Setelah 21 menit, cek adonan dan mulai membentuk donat dengan cara mengambil adonan dengan 1 sendok makan, bulatkan dan campurkan dengan tepung terigu sedikit supaya tidak lengket. Lakukan hal ini terus berulang kali hingga adonan di tempat tadi habis. Setelah selesai membentuk donat, diamkan kembali selama 21 menit hingga donat kembali mengembang.
  4. Setelah 21 menit dan donat yang sudah tercampur tepung terigu mengembang panaskan minyak goring untuk mulai menggoreng donat. Jangan lupa untuk diberi lubang kecil supaya berbentuk donat. Setelah minyak mulai panas masukkan donat ke dalam minyak dan tunggu hingga warnanya berubah kuning kecoklatan pertanda donat sudah matang dan siap disajikan. Tiriskan dan letakkan di atas tisu dapur hingga minyak benar benar terserap semua ke tisu, dan donat menjadi dingin.
  5. Setelah donat dingin, kini saatnya untuk memberikan toping sesuai selera. Anda bisa saja memberikan mentega terlebih dahulu dan taburkan meses, kecu atau coklat diatasnya. Selain itu anda bisa juga memberikan lelehan coklat atau selai diatas donat. Bisa juga hanya dengan menggunakan taburan gula halus, semua bisa anda lakukan sesuai selera anda.
  6. Yang harus anda ingat adalah jangan gunakan tepung terigu sembarangan, pilihlah yang benar benar berkualitas dan cara anda menguleni adonan hingga mengembang harus benar benar diperhatikan. Karena kedua hal ini akan benar benar mempengaruhi kualitas donat yang anda buat.

 

Nah kini anda sudah mempunyai sajian donat buatan anda sendiri yang benar benar menggugah selera, untuk membuat sajian semakin mantap, anda bisa juga menikmati donat tersebut di waktu santai anda dan dengan minuman favorit. Jadi tidak perlu datang pergi ke gerai donat terkenal bukan untuk menikmati sajian donat istimewa? Anda pun kini sudah dapat membuat donat anda sendiri dirumah dengan rasa yang tidak kalah nikmat. Selain anda nikmati sendiri, donat ini bisa juga jadikan sumber pendapatan sampingan anda, jadi tidak ada salahnya mencoba mempraktekkan resep ini bukan?

Pencarian Populer:

Related Post

  • Translate »