CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Cara membeli motor bekas agar tidak tertipu – Kendaraan roda dua atau motor memang menjadi pilihan yang paling disukai masyarakat karena harga yang terjangkau dan banyaknya pilihan merek kendaraan bermotor. Apalagi memang naik motor lebih nyaman daripada harus berdesak-desakan di dalam angkutan umum, dan tentu bisa cepat sampai ke tujuan karena kita dapat dengan mudah menghindari kemacetan yang sering terjadi di kota-kota di Indonesia.

Meskipun sekarang untuk membeli motor baru sangat mudah yaitu dengan kredit cicilan ringan, tapi masih banyak juga yang memilih membeli motor bekas dengan alasan harga bisa lebih murah dan proses pembelian bisa lebih cepat.

cara-membeli-motor-bekas-agar-tidak-tertipu

Nah Apa yang perlu kita perhatikan saat membeli motor bekas, mari kita simak beberapa hal penting tersebut.

1.Cek dahulu harga motor bekas di pasaran.

Sebelum anda membeli motor bekas, disarankan anda harus melihat harga motor bekas yang akan anda beli melalui majalah, internet atau bisa juga survey ke berbagai penjual motor bekas disekitar anda. Sehingga anda terhindar dari penjual yang curang yang menjual dengan harga yang tinggi.

 

2.Cek nomor Mesin dan Rangka.

Ini merupakan hal yang terpenting yaitu mengecek nomer mesin dan rangka dengan STNK dan BPKB agar anda terhindar berurusan dengan pihak yang berwajib hanya karena anda teledor.

 

3.Periksa kondisi mesin dan Oli

Cek kondisi mesin motor, dengar suara mesinnya dan cek apakah oli sesuai ukurannya karena ada beberapa penjual yang curang yaitu mengisi oli berlebihan agar suara mesin menjadi agak halus, bila anda kurang mengerti mesin maka ajaklah teman atau orang yang mengerti tentang mesin motor.

 

4.Periksa Speedometer.

Periksalah jarak tempuh motor itu, bila diatas dari 20.000 km maka cek dengan penjual apakah sudah pernah melalui servis dengan pergantian komponen yang cukup banyak, atau anda bisa meminta buku servis karena dengan melihat buku servis maka anda akan yakin kalau motor tersebut selalu dirawat di bengkel yang resmi dan teratur.

 

5. Test drive motor yang akan anda beli.

Lakukan testdrive motor bekas tersebut, rasakan apakah masih nyaman dikendarai, cek juga suara dan asap yang keluar dari knalpot.

 

6.Cek kondisi Roda/Ban

Roda atau ban merupakan salah satu komponen yang terpenting, cek kondisi kedua ban motor bekas tersebut apakah masih layak pakai.

 

7.Periksa komponen kelistrikan dan Aki.

Perhatikan segala komponen kelistrikan mulai dari lampu-lampu, klakson, starter otomatis dan speedometer apakah masih berfungsi dengan baik, cek juga kondisi aki.

 

8.Periksa Rangka Motor

Cek rangka motor apakah masih asli atau sudah pernah dipress ulang, karena bila pernah dipress ulang maka motor tersebut pernah terjatuh cukup parah. Karena ini merupakan faktor keselamatan anda mengendarai motor itu nanti.

Demikianlah beberapa cara atau tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu, semoga dengan tips diatas dapat membantu anda memilih motor bekas.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner