CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Hidup Sehat Rasulullah Yang Bisa Diterapkan

Cara Hidup Sehat Rasulullah Yang Bisa Diterapkan – Gaya hidup sehat merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bagaimana tidak karena gaya hidup yang sehat akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh seseorang. Apabila terbiasa hidup sehat, memungkinkan untuk senantiasa terhindar dari segala gangguan penyakit. Sebaliknya jika pola hidup buruk tubuh akan mudah terserang penyakit baik ringan hingga penyakit berat.

Perlu diketahui bahwa hidup seseorang dapat mempengaruhi kesehatan. Namun pada kenyataannya banyak orang yang justru akan merubah pola hidup mereka ke arah yang lebih baik. Apalagi telah ketika terjadi sesuatu hal pada kesehatan tubuh mereka. Sebenarnya cara mendapatkan hidup sehat ala Rasullullah bisa anda terapkan seperti bagian bawah ini.

Cara-Hidup-Sehat-Rasulullah-Yang-Bisa-Diterapkan

Inilah Hidup Sehat Ala  Rasulullah Untuk Diaplikasikan

1.Rajin Melakukan Puasa

Saat menjalani hidup, Rasulullah selalu melakukan Puasa Sunnah pada hari Senin dan Kamis. Bagi umat muslim, selain akan memperoleh pahala ternyata sevara medis menerapkan puasa sangat berpengaruh penting bagi kesehatan fisik dan  psikologis seseorang. Pasalnya ketika sedang berpuasa kinerja organ tubuh akan menjadi lebih rilek dan tenang sehingga emosi lebih mudah terkontrol dan pikiran jauh dari stress. Tak hanya itu, berpuasa juga akan melatih kedisiplinan seseorang terhadap waktu.

2. Keseimbangan Waktu Istirahat Tubuh

Menurut dunia medis tubuh sangat dianjurkan untuk beristirahat secara cukup. Maka tak heran jika setiap hari Rasullah Saw membagi waktu dalam aktifitasnya dan tetap memberikan keseimbangan agar tubuh tercukupi dalam beristirahat. Jika Nabi Muhammad SAW selalu membagi waktu menjadi 3 bagian, dimana 1/3 waktu dipergunakan untuk bekerja urusan dunia, kemudian 1/3 lagi digunakan untuk urusan akhirat (beribadah) dan 1/3 terakhir digunakan untuk beristirahat.

3. Makan Menggunakan Tangan Kanan

Pada saat Rasulullah saw melakukan makan maka selalu menggunakan tangan kanan dan hal ini menjadi sunnah yang banyak diikut umat muslim. Hal ini karena hasil penelitian medis, tangan kanan yang bergerak pada waktu makan syaraf otak kiri akan tetap bekerja dan selalu aktif. Hal ini berfungsi untuk melatih dan menjaga otak kiri menghasilkan pikiran yang tetap fokus dan selalu aktif.

4. Duduk Saat Makan dan Minum

Rasulullah selalu duduk dalam menjalani makan maupun minum. Saat seseorang duduk,  secara medis ternyata rongga dalam sistem pencernaan (perut) berbeda bila seseorang dalam keadaan posisi berdiri. Adapun rongga dalam sistem penceraan akan lebih terbuka sehingga makanan mudah ditelan. Berbeda jika makanan atau minuman yang diterapkan sambil berdiri, memungkinkan katub dalam sistem penceraan tidak sepenuhnya terbuka.

5.Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Mengkonsumsi makanan yang baik dan halal, Rasulullah telah memberikan teladan untuk hidup sehat dengan cara makan sebelum lapar dan berhenti sebelum perut kenyang. Hal ini berarti seseorang diharuskan untuk makan tidak secara berlebihan. Pasalnya secara medis akan ampuh saat memelihara kesehatan organ pencernaan tubuh, terutama lambung. Dengan begitu organ pencernaan akan dapat bekerja sangat keras untuk mencerna semua itu dan justru tak akan menimbulkan ragam penyakit lainnya.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post