CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

Cara Budidaya Jamur Tiram Putih – Salah satu jenis bahan makanan yang memiliki rasa lezat dan saat ini menjadi jenis bahan makanan yang banyak memiliki permintaan pasarnya sendiri adalah jamur tiram. Jamur tiram ini sendiri, merupakan salah satu jenis jamur yang memiliki rasa lezat dan banyak dijadikan sebagai bahan aneka campuran makanan yang bisa anda temui dipasaran. Jamur tiram ini sendiri, merupakan jamur yang sebenarnya mudah dan murah untuk dikembangbiakan, dengan media tanam yang mudah.

Biasnya dalam budidaya jamur tiram ini sendiri, anda mesti menyiapkan kumbung terlebih dahulu, dan setelah itu, barulah anda menyiapkan baglog yang merupakan sebuah media yang baik untuk meletakan bibit dari jamur yang akan anda tanam. Nah anda yang ingin mencoba budidaya jamur tiram putih ini, maka berikut adalah beberapa ulasan caranya yang bisa anda coba lakukan sendiri dirumah, dengan menggunakan langkah – langkah yang mudah seperti dibawah ini.

Cara-Budidaya-Jamur-Tiram-Putih

Budidaya Jamur Tiram Putih

1.Menyiapkan kumbung

Hal pertama dalam budidaya jamur tiram putih ini sendiri adalah dengan menyiapkan kumbung sebagai salah satu media yang bisa berupa rak untuk meletakan baglog dimana nantinya anda bisa membuatnya dengan genteng atau sirap dan kemudian anda bisa memberikan air agar nantinya jamur bisa meresap. Selain itu, buat kumbung dengan kisi – kisi yang dibuat bertingkat, dan setelah itu, anda bisa membuatnya dengan sistem berjajar, dan dipisahkan dengan lorong perawatan. Untuk ruang antar rak sendiri dibuat dengan ukuran 40 cm, dengan 2 hingga 3 tingkatan.

2.Menyiapkan baglog

Baglog ini merupakan media tanam yang bisa anda gunakan untuk meletakan bibit jamur tiram. Bahan utama dari baglog ini sendiri adalah serbuk gergaji. Baglog dibungkus dengan plastik berbentuk silinder, dan pada bagian ujungnya, anda bisa memberikan lobang agar nantinya jamur bisa tumbuh keluar, dan setelah itu, baru anda bisa fokus untuk menanam jamur tiram pada rak – rak yang telah disediakan.

3.Cara merawat baglog

Dengan cara bertikal yang mana untuk lubang baglognya berada diatas, dan secara horizontal dimana menghadap samping kanan dan kiri untuk lubang baglognya sendiri, bisa anda coba lakukan dalam hak penyusunan baglog. Sebaiknya jangan menggunakan penyiraman yang berlebihan agar nantinya baglog tetap awet. Biasanya penyusunan baglog secara horizontal lebih menyita ruang. Untuk penyiraman sendiri, lakukan dengan sprayer, dan pastikan kelembapan suhunya kisaran 16 hingga 24 derajat.

4.Panen jamur tiram putih

Bila sudah siap panen, biasanya jamur tiram akan menutupi baglog secara sempurna, dan bisa anda panen dalam usia 1 hingga 2 minggu ketika baglog sudah siap panen dan setiap 2 kg baglog akan menghasilkan jamur antara 0,7 hingga 0,8 kh. Baglog yang digunakan setelah memanen jamur tiram ini, bisa anda gunakan untuk bahan pembuatan kompos.

Itulah beberapa ulasan singkat cara budidaya jamur tiram putih yang tentu bisa anda coba lakukan. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Pencarian Populer:

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner