CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Budidaya Belut Agar Sukses

Cara Budidaya Belut Agar Sukses – Belut adalah salah satu jenis hewan yang saat ini banyak digemari untuk dikonsumsi. Makin banyaknya jenis kuliner yang ada dipasaran, menjadi permintaan belut lebih meningkat, dan merupakan salah satu jenis bahan makanan yang murah dipasaran dan mengandung banyak gizinya yang seimbang. Maka dari itu, tak heran jika banyak saat ini para petani dan peternak yang membudidayakan belut, untuk dikonsumsi dan dijual dipasaran, karena keuntungannya terbilang tinggi.

Dalam hal teknik budidaya sendiri, belut merupakan salah satu hewan yang mudah perawatannya, dan tidak memerlukan biaya yang besar untuk bisa membudidayakan belut ini sendiri. anda bisa menggunakan kolam air bersih atau kolam lumpur, yang semuanya baik dan bermanfaat menghasilkan belut yang berkualitas. Berikut ini, adalah beberapa teknik budidaya belut, agar nantinya bisa sukses, dan bisa anda coba lakukan.

Cara-Budidaya-Belut-Agar-Sukses

Teknik Budidaya Belut Agar Sukses

1.Pemilihan bibit belut

Yang pertama adalah dari pemilihan bibit belutnya sendiri, dimana sebaiknya anda memilih belut dari bibit yang unggul dengan ukuran yang seragam karena ukuran belut yang seragam ini akan menghindarkan belut dari kanibalisme, dan juga belut terlihat aktif dan tidak loto, setelah itu, pilihlah belut yang tidak terjangkit penyakit, dan tidak mengalami luka cacat atau luka fisik, agar nantinya menghasilkan anakan yang berkualitas.

2.Persiapan kolam belut

Hal lainnya yang perlu dilakukan untuk budidaya belut adalah dengan persiapan kolam belut yang bisa anda coba lakukan. Kolam ini sendiri, bisa anda buat dengan metode permanen dan semi permanen, yang mana nantinya untuk kolam pembesaran sebaiknya gunakan kolam tanah atau kolam tembok, yang bisa awet digunaakn bahkan hingga 9 tahun. Sebaiknya tinggi kolam berukuran 1 – 2 meter. Anda bisa membudidayakan belut pada kolam yang berlumpur, atau bahkan kolam yang jernih.

3.Penebaran bibit

Belut ikan sebaiknya hidup dengan kepadatan yang tinggi, dimana anda bisa menebarkan bibit dengan panjang 10 hingga 12 cm dalam kolam yang berukuran 50 hingga 100 ekor untuk satu meter perseginya. Maka sebaiknya terlebih dahuluh, belut dikarantina pada kolam bersih, dan baru kemudian anda masukan kedalam kolam. Pada masa karantina, sebaiknya berikan pakan dengan kuning telur, agar gemuk.

4.Pemberian pakan

Untuk belut dengan umur 0 hingga 1 bulan, maka pakan yang diberikan sebanyak 0,5 kg hingga naik sekitar  1 bulan usianya dengan naik pula bobot pakannya sebanyak 0,5 kg. Anda bisa memberikan pakan belut berupa bekicot, hingga belatung dan keong. Pemberian pakan sebaiknya diberikan 3 hari sekali, agar nantinya pertumbuhan belut bisa lebih bagus, dan gemuk.

5.Panen belut

Pada proses panennya sendiri, anda bisa mencoba dengan panen total, dimana semua isi kolam anda habiskan, atau dengan cara memisahkan belut kecil dengan belut besar. Pada dasarnya belut dengan berbagai jenis ukuran, tetap laku dan menjadi salah satu yang banyak digemari oleh orang.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dicoba anda untuk budidaya belut, agar nantinya bisa sukses. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba untuk budidaya belut ini.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post