CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Beternak Kelinci Agar Sukses

Cara Beternak Kelinci Agar Sukses – Kelinci ini sendiri, merupakan salah satu jenis sumber protein hewani alternatif pengganti ayam dan daging sapi, yang saat ini permintaan pasarnya sendiri sudah semakin naik dan makin jelas terlihat besarnya permintaan pasar yang ada. Untuk jenisnya sendiri, kelinci bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Antara lain seperti kelinci pedaging yang diambil dan dikonsumsi dagingnya. Hingga jenis kelinci hias, dimana menjadi salah satu jenis hewan hias yang banyak diburu karena bulunya yang indah.

Kelinci ini sendiri, merupakan salah satu jenis hewan yang cara perkembang biakannya sendiri relatif lebih mudah. Untuk mengembangbiakan kelinci ini sendiri, anda memerlukan beberapa cara khusus, agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang sukses. Berikut ini, adalah beberapa cara sukses yang bisa anda coba lakukan dalam beternak kelinci, dan bisa menghasilkan hasil yang sukses.

Cara-Beternak-Kelinci-Agar-Sukses

Cara Beternak Kelinci Agar Sukses

1.Persiapan tempat

Hal yang bisa anda lakukan untuk pertama kalinya adalah dengan melakukan persiapan tempat, dimana anda bisa membuat kandang secara mandiri dengan bambu dan juga kayu yang bisa anda bangun dilingkungan sekitar. Bangun kandang sesuai dengan jumlah kelinci yang nantinya akan anda budidayakan, sehingga tidak melebihi kapasitas.

2.Lingkungan sekitar

Selain itu, lingkungan sekitar juga memiliki andil dalam beternak kelinci. Perhatikan dimana lingkungan anda berada, apakah pakan kelinci semisal rumput mudah ditemui ataukah tidak, yang tentu saja akan menjadikan anda lebih mudah dalam menyediakan pakan kelinci, sehingga nanti bisa menghasilkan kelinci yang gemuk dan tumbuh dengan baik, dengan pakan yang berlimpah.

3.Pemilihan bibit kelinci

Bibit kelinci ini sendiri, mesti anda pilih dengan baik dimana kelinci yang dibudidayakan sebaiknya berasal dari bibit yang berkualitas, dimana nantinya ketika dari bibit yang berkualitas, maka akan mendapatkan indukan yang sehat, dan unggul, sehingga bisa menguntungkan anda. pilih kelinci yang aktif dan sehat, serta tidak terdapat penyakit kulit pada telinganya, dan tidak terdapat lendir pada hidungnya

4.Pakan kelinci

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya diatas, pakan kelinci merupakan hal penting yang mesti anda perhatikan. Pakan kelinci ini sendiri, bisa berupa wortel dan aneka sayuran. Anda bisa mencoba untuk membiarkan kelinci keluar kandang dan berlarian di sekeliling halaman anda. kelinci yang tumbuh sehat, tentu saja berasal dari pakan yang sehat dan juga cukup.

5.Vaksinasi

Yang satu ini, juga sebaiknya jangan anda lupakan. Kelinci merupakan salah satu jenis hewan yang rentan terhadap penyakit dan virus. Ada baiknya untuk memberikan vaksinasi pada kelinci anda, agar nantinya tidak terdapat virus yang menjangkitinya. Misalnya saja seperti virus yang menyerang mata dan telinganya. Berikan vaksin dan vitamin secara tertatur untuk kelinci yang anda miliki.

Sekian untuk beberapa ulasan menariknya yang bisa anda coba dalam beternak kelinci, agar menghasilkan hasil yang sukses. Selamat mencoba dan semoga menambah referensi serta informasi untuk anda.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post