CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka – Siapa saja pasti pernah mengalami luka cedera bisa dikarenakan kecelakaan, operasi. Bekas luka ini pasti meninggalkan bekas yang bisa saja mengganggu penampilan seseorang bila luka tersebut berada di wajah ataupun di anggota badan tertentu.

Bekas luka ini bermacam-macam jenisnya mulai mulai dari luka bakar, luka terkena air panas, luka tersayat benda tajam, luka bekas operasi dan jahitan, peradangan, infeksi dan sebagainya. Bekas luka ini sebenarnya bisa hilang sendiri tetapi mungkin waktunya lama, dan itu bisa menjadi masalah bila bekas luka itu ada di wajah.

Anda tidak perlu kuatir karena akan kami bagikan beberapa cara alami menghilangkan bekas luka dan bisa membuat kulit halus lagi.

Cara Alami Menghilangkan Bekas Luka

Sebenarnya ada dua metode untuk menghilangkan bekas luka, yaitu secara medis dan alami, Namun alangkah baiknya dicoba dulu yang cara alami menghilangkan bekas luka yang tidak parah, beberapa cara alami adalah sebagai berikut.

cara menghilangkan bekas luka alami

Cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memang banyak manfaat dan khasiatnya, Anda pasti sudah mengetahui bahwa manfaat Lidah Buaya untuk kesuburan rambut dan mencegah kebotaka, kami sudah pernah share pada artikel Cara Mudah Mengatasi Kebotakan Rambut. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka karena beberapa penelitian mengatakan dan membuktikan bahwa gel tanaman lidah buaya banyak mengandung lignin dan asam amino, kedua senyawa itu dapat membantu melembabkan kulit, mempercepat regenerasi kulit.

Caranya menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka adalah sebagai berikut.

  • Ambil Lidah buaya yang masih segar lalu ambil gelnya.
  • Setiap anda selesai mandi oleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian bekas luka.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 jam agar gel tersebut meresap lalu bilaslah dengan air dingin

Cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan Madu

Manfaat madu selain untuk diminum bisa juga digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, penggunaan madu memang setua umur manusia di muka bumi ini, Madu mempunyai kandungan nutrisi yang banyak juga efektif untuk mengoptimalkan regenerasi kulit.

Anda dapat menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka berikut langkah-langkahnya. :

  • Oleskan madu pada bagian bekas luka secara merata
  • Diamkan sampai madu meresap lalu bilas dengan air dingin

 

Cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa juga digunakan untuk menghilangkan bekas luka, kandungan Omega 9 ( asam oleat ) yang banyak di minyak zaitun banyak sekali manfaatnya untuk menjaga kesehatan kulit dan juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Bahkan minyak zaitun bisa menjaga kulit awet muda.

Berikut langkah-langkahnya menggunakan minyak zaitun untuk menghilangkan bekas luka.

  • Oleskan minyak zaitun secara merata pada bagian bekas luka lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  • Jika sudah meresap, bersihkan dengan menggunakan air dingin

Cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan Buah Mengkudu.

Buah mengkudu yang termasuk dalam family Rubiaceae sudah terkenal dengan buah 1000 khasiatnya, buah mengkudu mengandung anti oksidan yang sangat tinggi dan mengandung antrakuinon skopoletin yang memiliki sifat antibakteri dan anti jamur, selain itu anda bisas menggunakan untuk menghilangkan bekas luka dengan cara yaitu haluskan mengkudu matang kemudian oleskan pada bekas luka.

 

Cara menghilangkan bekas luka dengan bantuan medis

Nah itu semua adalah beberapa cara alami menghilangkan bekas luka, sekarang kami akan share cara menghilangkan bekas luka secara medis atau non alami. Karena tidak semua bekas luka bisa hilang dengan cara alami antara lain bekas luka dengan ukuran besar.

Beberapa cara perawatan medis adalah sebagai berikut :

1.Menghilangkan bekas luka dengan bedah plastik

Bedah plastik sekarang memang marak digunakan di dunia artis, mereka rela menjalani bedah plastik agar terlihat lebih tampan dan cantik. Bedah Plastik juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka dan sangat efektif untuk bekas luka bakar yang besar ataupun luka bekas operasi.

2.Menghilangkan bekas luka dengan teknologi Laser

Teknologi laser saat ini sudah banyak digunakan dalam dunia kedokteran, yang sangat terkenal adalah operasi Lasik yaitu untuk menyembuhkan miopi ( rabun jauh ) dan rabun dekat. Laser juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka di wajah atau dimanapun secara signifikan.

3.Menghilangkan bekas luka dengan plester gel silikon

Bekas luka yang dikarenakan keloid atau hipertropik bisa dibantu dengan menempelkan gel silikon diatas bekas luka selama 12 jam setiap hari, prosedur ini sangat efektif bila dijalankan minimal selama 3 bulan.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami ataupun medis, perlu diingat utamakan cara alami dahulu untuk menghilangkan bekas luka baru apabila perkembangan tidak signifikan baru jalanin perawatan secara medis

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post