CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Beberapa Aplikasi Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer

Mata adalah organ penglihatan yang sangat penting, karena itu menjaga kesehatan mata sangatlah penting khususnya bagi pekerja yang bekerja di depan komputer.

Nah bagi pekerja yang bergelut dengan komputer setiap hari, untuk menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer, kamu dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar komputermu, dan membuat tampilan layar komputer dengan warna yang cenderung kuning.

Disamping mengurangi ketegangan mata karena berlama-lama melihat layar komputer, sekarang ada cara untuk menjaga kesehatan mata bagi pengguna komputer yaitu menggunakan aplikasi berikut ini.

Mengurangi Sinar Biru dari Layar Komputer

Buat kamu yang sudah memakai Windows 10, Blue Light Reduction telah dibenamkan oleh Microsoft kedalam sistem Windows 10 build 15002 tersebut.

Aplikasi yang terdapat dalam Windows 10 yang bernama Filter Blue Light Reduction ini merupakan fitur terbaru dari Windows 10 yang secara otomatis menurunkan jumlah pancaran cahaya biru yang dipancarkan dari layar komputer kamu.

Kamu dapat mengatur secara otomatis yang dapat membuat layar kamu beradaptasi dan mengurangi sinar biru berdasarkan waktu atau jam sehingga membuat mata terasa lebih nyaman di depan layar komputer.

Cara menggunakan Filter Blue Light Reduction di Windows 10 adalah sebagai berikut.

Di Windows 10 kamu buka Settings App lalu klik Display.

cara menjaga kesehatan mata

Aktifkan pilihan Lower blue light automatically.

cara menggunakan fitur blue light reduction

 

Menggunakan Aplikasi F.lux untuk mengurangi sinar biru

F.lux punya cara kerja yang hampir sama dengan fitur Blue Light Reduction di Windows 10, kamu tinggal download dan install aplikasi ini di komputermu.

F.lux merupakan aplikasi simple yang dapat otomatis melakukan penyesuain warna dan kecerahan sinar layar komputer dengan waktu di tempat kamu berada saat itu. Kamu dapat melihat tampilan layar komputermu akan sedikit berwarna merah/memerah.

F.lux akan menampilkan warna kuning di layar komputermu, sehingga matamu tidak lelah karena pancaran sinar biru atau cahaya cerah layar kamputermu.

Cara Menggunakan F.lux untuk mengurangi radiasi komputer

1.Download dan install F.lux

2.Setelah selesai instalasi, klik ikon F.lux di taskbar, jalankan aplikasi F.lux, di awal akan muncul layar untuk mengatur konfigurasi. Aplikasi secara otomatis akan mengenali lokasi kamu berada dan waktu matahari terbenam.

3.Kamu bisa menghentikan sementara F.lux bila saat itu membutuhkan warna maksimal.

cara-menggunakan-flux

Nah itulah dua cara menjaga kesehatan mata dari radiasi komputer. silahkan anda coba di komputermu masing-masing.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post