CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Bagaimana Nasib Kredit Sepeda Motor Saat Nasabah Meninggal Dunia?

Membeli barang secara kredit sepertinya sudah menjadi salah satu gaya hidup di tengah masyarakat perkotaan jaman sekarang ini. Tidak adanya uang cash yang cukup saat membeli tunai menjadi alasan orang mengapa melakukan pembelian secara kredit, salah satunya adalah kredit sepeda motor. Alasan yang paling banyak dikemukakan orang adalah sisa dana yang tidak terpakai bisa digunakan untuk alokasi pos kebutuhan yang lain.

Pihak leasing pun saat ini sudah banyak menawarkan kemudahan, salah satunya adalah dengan tenor yang sangat panjang hingga tiga tahun, jelas banyak orang yang melihat kemudahan ini sebagai sebuah kesempatan untuk mendapatkan motor idaman.

Namun terkadang perjalanan tidaklah berjalan mulus, terkadang banyak kejadian yang terjadi saat pembayaran kredit masih berlangsung. Mulai dari pencurian sepeda motor, kabur nya debitur hingga debitur meninggal dunia.

Kalau selama pengambilan kredit menggunakan asuransi maka semua tidak menjadi masalah karena sisa pembayaran akan ditanggung oleh asuransi. Namun bagaimana kalau tidak menggunakan asuransi? Disinilah masalah akan muncul karena kredit tidak dapat begitu saja dianggap lunas. Pihak keluarga tetap harus membayarkan kredit sepeda motor yang sudah diambil walaupun debitur sudah meninggal dunia. Sudah jelas pihak leasing tidak mau menanggung kerugaian akibat kejadian ini.

Lalu kalau debitur meninggal dunia saat kredit sepeda motor masih berjalan apa yang harus dilakukan?

kredit sepeda motor

  1. Cek kembali perjanjian kredit

Sebelum melakukan akad kredit tentunya kedua belah pihak sudah menyetujui perjanjian kredit sepeda motor yang mengatur mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak baik itu nasabah ataupun leasing.

Jangan asal tanda tangan  namun cermati lagi semua poin poin yang tertera, jangan sampai ada poin yang terlewat karena itu bisa sangat merugikan di kemudian hari.

Jangan ragu untuk bertanya kalau tidak paham mengenai isi perjanjian

  1. Cek mengenai asuransi

Cek kembali mengenai asuransi saat anda melakukan perjanjian kredit. Tentu saja ini berkaitan dengan kredit sepeda motor yang akan anda ambil, apakah itu TLO (Total Loss Only) atau all risk. Ini sangat penting karena saat terjadi sesuatu dengan motor anda seperti kecelakaan atau kehilangan maka anda tidak perlu pusing pusing untuk memikirkan biaya yang memberatkan.

Jangan anggap ini adalah biaya ekstra yang membuat biaya semakin membengkak, karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa mendatang, terlebih lagi kalau kehilangan sepeda motor saat kredit masih berjalan.

Jangan lupa juga kalau ada asuransi kredit yang akan melindungi sisa pembayaran kredit anda saat terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

  1. Cek jaminan fidusia anda

Ini sangat penting untuk anda ketahui, motor yang sedang anda kredit saat ditarik kepemilikannya akan menjadi hak leasing ataukah dipindah tangankan kepada ahli waris. Kalau fidusia ini dilakukan diluar sepengetahuan notaris, maka leasing sama sekali tidak memiliki hak untuk menarik sepeda motor, dan kalau sampai terjadi penarikan maka sudah masuk ke ranah pidana pencurian dan perampasan.

  1. Surat keterangan waris

Ini mutlak dilakukan supaya pencairan dana asuransi mudah dilakukan. Ahli waris haruslah mengurus surat surat keterangan ahli waris dengan mempersiapkan dokumen seperti surat keterangan waris yang bertanda tangan ketua RT/RW setempat, Akta kematian debitur dari keluarahan, KTP dan kartu keluarga.

  1. BPKB

Kalau dokumen yang disiapkan diatas sudah selesai, maka ini waktunya anda untuk mengurus asuransi kredit dan melunasi sisa kredit sepeda motor untuk mengambil BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor).

Nah dari penjabaran diatas jelas terlihat kalau peranan asuransi sangat penting, karena dengan adanya asuransi kredit ini keluarga dan ahli waris tidak akan terbebani saat debitur meninggal dunia. Bayangkan kalau mengambil kredit sepeda motor dan tidak menggunakan asuransi, pihak ahli waris akan mendapatkan warisan hutang kredit sepeda motor yang harus dibayarkan hingga lunas. Sudah kehilangan anggota keluarga masih harus membayarkan hutang kredit sepeda motor yang sudah diambil

Kalau sudah begini anda bisa merasakan manfaat asuransi kan? Sekarang mana yang anda pilih? Ikut asuransi atau tidak?

Pencarian Populer:

Related Post

  • cara-mudah-mengajukan-kpr 60x60

    Cara Mudah Mengajukan KPR

    Cara Mudah Mengajukan KPR - Rumah memang akan selalu menjadi kebutuhan dan impian setiap manusia. Sebagai salah satu bagian dari kebutuhan hidup manusia, memiliki rumah atau tempat tinggal ini
  • Ini-Dia-5-Cara-Hidup-Hemat-Yang-Wajib-Diketahui 60x60

    Ini Dia 5 Cara Hidup Hemat Yang Wajib Diketahui

    Ini Dia 5 Cara Hidup Hemat Yang Wajib Diketahui – Pada dasarnya hidup hemat diawali dari diri sendiri. Hal semacam inilah yang mesti dipersiapkan guna mencapai masa depan, termasuk bagaimana
  • uang rupiah 60x60

    Inilah Ragam Uang Rupiah Dari Masa ke Masa

    Pada hari Senin (19/12/2016) Bank Indonesia secara resmi mengeluarkan 11 desain uang rupiah terbaru yang akan menggantikan uang lama yang sudah beredar secara berkala. Pada saat peluncurannya pun
  • Inilah 5 Rahasia Hidup Yang Hemat 60x60

    Inilah 5 Rahasia Hidup Yang Hemat

    Ingin Hidup Hemat, Ini Dia 5 Rahasianya – Kesalahan penerapan pola hidup hemat memang penting diketahui oleh semua orang. Hemat merupakan perhatian maupun perhitungan bagaimana membatasi
  • uang nkri 60x60

    Uang NKRI Desain Baru Sudah Beredar, Inilah Penampakannya

    Bank Indonesia secara resmi meluncurkan uang NKRI desain terbaru pada hari Senin (19/12/2016). Uang desain baru ini otomatis akan menggantikan uang desain lama yang sudah beredar, tapi bukan berarti