CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

9 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan Dari Biji Rami (Flaxseed)

9 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan Dari Biji Rami (Flaxseed) – Selama berabad-abad, flaxseed atau biji rami telah dikenal sebagai salah satu jenis biji-bijian yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Bahkan hingga saat ini, flaxseed sudah dimasukkan ke dalam daftar “super food”, yaitu istilah untuk makanan yang mengandung sumber nutrisi tinggi dan sangat lengkap.

Dikutip dari berbagai macam penelitian, terdapat sekurang-kurangnya 9 manfaat kesehatan yang dapat anda petik, dan berikut adalah daftarnya.

9-Manfaat-Kesehatan-yang-Bisa-Anda-Dapatkan-Dari-Biji-Rami-Flaxseed

Bowl of brown flax seed and linseed oil

9 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapatkan Dari Biji Rami (Flaxseed)

 

Dipenuhi Dengan Nutrisi Penting

Biji rami merupakan salah satu jenis tanaman tertua yang telah dikenal oleh awal peradaban manusia. Terdapat dua jenis biji rami, coklat dan emas, dimana keduanya memiliki gizi yang sama. Hanya satu sendok makan (7 gram) dari flaxseed ini saja sudah menyediakan sejumlah protein, serat, dan asam lemak omega-3, serta menjadi sumber yang baik dari vitamin dan mineral.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kandungan yang bisa anda dapatkan dari satu sendok makan flaxseed:

  • Kalori: 37
  • Protein: 1,3 gram
  • Karbohidrat: 2 gram
  • Serat: 1,9 gram
  • Lemak Total: 3 gram
  • Lemak Jenuh: 0,3 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal: 0,5 gram
  • Lemak tak jenuh ganda: 2 gram
  • Asam lemak omega 3: 1.597 mg
  • Vitamin B1: 8% RDI
  • Vitamin B6: 2% RDI
  • Folat: 2% RDI
  • Kalsium: 2% RDI
  • Zat Besi: 2% RDI
  • Magnesium: 7% RDI
  • Fosfor: 4% RDI
  • Kalium: 2% RDI

Menariknya, manfaat kesehatan dari biji rami ini terutama karena kandungan asam lemak omega-3 dan serat yang dimilikinya.

Memiliki Kandungan Tinggi Akan Lemak Omega-3

Jika anda merupakan vegetarian atau tidak suka mengkonsumsi makanan jenis ikan, maka flaxseed atau biji rami bisa menjadi sumber alternatif omega-3 untuk anda. Biji rami sangat kaya akan alfa-linolenat (ALA), yaitu jenis asam lemak omega-3 berbasis tumbuhan.

ALA merupakan satu dari dua asam lemak esensial yang harus anda dapatkan dari makanan yang anda konsumsi, karena pada dasarnya tubuh anda tidak dapat memproduksinya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ALA sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke.

Sumber Dari Lignan

Lignan merupakan senyawa tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan estrogen, dimana keduanya sudah dikenal dapat menurunkan resiko terkena kanker dan meningkatkan kesehatan tubuh. Menariknya, flaxseed mengandung 800 kali lignan dibandingkan dengan makanan nabati lainnya.

Penelitian observasional juga telah menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi flaxseed dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara, terutama terhadap wanita pasca-menopause. Sementara bagi pria yang mengkonsumsi 30 gram flaxseed per hari dapat menurunkan resiko terkena kanker prostat. Biji rami juga telah terbukti dapat mencegah anda terkena kanker usus dan kanker kulit karena kandungan lignan yang dimilikinya.

Kaya Akan Serat Makanan

Hanya satu sendok makan dari flaxseed saja sudah mengandung 3 gram serat, dimana diantaranya adalah 20-40% serat larut dan 60-80% serat tidak larut. Kedua jenis serat ini difermentasi oleh bakteri di dalam usus besar sehingga dapat membuat anda buang air besar secara teratur.

Selain itu, serat larut dapat memperlambat laju pencernaan sehingga membantu mengatur gula darah dan menurunkan kolesterol. Sementara serat tidak larut memungkinkan air untuk mengikat tinja, sehingga membuat tinja menjadi lebih lembut dan mencegah anda terkena konstipasi.

Mengontrol Kolesterol

Manfaat kesehatan lainnya dari biji rami adalah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Efek ini nampaknya disebabkan oleh serat dalam biji rami, karena mengikat garam dan kemudian diekskresikan oleh tubuh. Untuk mengisi garam empedu tersebut, kolesterol dikeluarkan dari darah ke dalam hati anda, dan proses ini tentu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian lainnya juga telah menunjukkan bahwa biji rami ternyata dapat menurunkan tekanan darah anda. Dalam sebuah penelitian di Kanada menemukan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi 30 gram flaxseed per hari selama 6 bulan berhasil menurunkan tekanan darah sistolik sebanyak 10 mmHg dan diastolik sebanyak 7 mmHg.

Mengandung Protein Berkualitas Tinggi

Flaxseed atau biji rami merupakan sumber yang sangat baik dari protein berbasis tanaman, dimana protein tersebut kaya dengan asam amino arginin, asam aspartat, dan asam glutamat. Beberapa penelitian laboratorium menunjukkan bahwa protein flaxseed mampu membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mencegah tumor dan memiliki sifat anti jamur.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Diabetes tipe-2 merupakan salah satu masalah kesehatan utama di seluruh dunia, dimana ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah akibat ketidak-mampuan tubuh untuk mengeluarkan insulin dan resistensi terhadapnya. Tetapi beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang-orang mampu menurunkan kadar gula darah mereka sebanyak 8-20% dengan mengkonsumsi 10-20 gram flaxseed setiap hari selama satu bulan.

Efek penurunan gula darah ini terutama disebabkan oleh kandungan serat tak larut yang terdapat dalam flaxseed, dimana para peneliti telah menemukan bahwa serat tak larut tersebut dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam darah dan mengurangi kadar gula dalam darah anda.

Membantu Mengontrol Berat Badan

Jika anda selalu memiliki kebiasaan ngemil beberapa jam setelah makan, cobalah untuk memilih camilan sehat seperti flaxseed, karena pada dasarnya biji rami tersebut mampu mengurangi perasaan rasa lapar sehingga mencegah anda makan berlebih. Turunnya perasaan lapar tersebut kemungkinan dikarenakan kandungan serat larut yang dapat memperlambat pencernaan di perut dan memicu sejumlah hormon yang mengatur nafsu makan.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post