CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

9 Gejala Ketika Anda Kekurangan Tidur

Gejala Ketika Anda Kekurangan Tidur – Kita sudah sering mendengar saran untuk selalu mendapatkan tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malamnya, tetapi terkadang anda harus begadang hanya untuk menyelesaikan tugas, kerja lembur, atau bahkan keasyikan bermain game. Padahal, ketika anda tidak mendapatkan cukup tidur di malam hari, maka bisa mengundang berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan.

Beberapa penyakit dan kondisi kesehatan yang telah dikaitkan dengan kekurangan tidur diantaranya meningkatkan resiko anda terkena diabetes tipe-2, penyakit kardiovaskular, obesitas, dan depresi. Sebelum kondisi mengerikan tersebut terjadi, ada baiknya anda mengatur pola tidur anda mulai dari sekarang. Dengan mengetahui beberapa tanda kekurangan tidur seperti yang telah dipaparkan di bawah ini, maka anda bisa bertindak secara lebih cepat dan lebih awal.

9-Gejala-Ketika-Anda-Kekurangan-Tidur

9 Gejala Ketika Anda Kekurangan Tidur

Merasa Selalu Lapar

Menurut Chris Winter, MD, seorang pemilik dari Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di Virginia mengatakan bahwa jika anda tidak mendapatkan energi karena kekurangan tidur, maka tubuh anda akan memintanya melalui makanan. Saat anda kekurangan tidur, maka tubuh anda akan meningkatkan produksi ghrelin, yaitu sejenis hormon perasaan lapar. Bahayanya, terlalu banyak ghrelin akan membuat tubuh anda membutuhkan lebih banyak makanan berlemak dan gula.

Meningkatnya Berat Badan

Selain meningkatkan selera makan anda, kekurangan tidur juga dapat meningkatkan berat badan anda. Hal ini karena ketika anda merasa lelah, biasanya anda tidak memperhatikan makanan apa saja yang telah anda makan. Dengan kadar leptin dan ghrelin yang tinggi di dalam tubuh anda, maka anda akan menginginkan makanan yang digoreng dan makanan manis sepanjang hari.

Impulsif

Orang-orang cenderung melakukan hal tanpa berpikir ketika mereka merasa lelah. Biasanya anda akan memulai pertengkaran dengan seseorang atau marah-marah kepada orang-orang di sekitar anda ketika anda kekurangan tidur di malam hari.

Pelupa

Saat anda merasa lelah karena kekurangan tidur, biasanya anda tidak akan terlalu fokus terhadap apa yang seharusnya anda dengarkan atau ingat. Selain itu, tidur yang cukup di malam hari juga sangat penting untuk kesehatan otak dalam jangka panjang. Sebaliknya, tidak cukup tidur akan mengganggu kemampuan otak anda untuk menjaga agar sistem saraf anda tetap bersih.

Kesulitan Menentukan Sesuatu

Jika anda merasa lebih sulit dalam mengatur pekerjaan di rumah dan di tempat kerja, kemungkinan besar kekurangan tidur adalah pelakunya. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi kecepatan proses kognitif, sehingga akan menurunkan kemampuan anda dalam menyelesaikan masalah dan mengatur waktu.

Menurunnya Kemampuan Motorik

Kaki anda tersandung sesekali? Itu adalah hal yang wajar. Tetapi jika terjadi secara berulang-ulang dalam satu hari bisa menjadi masalah tersendiri. Hal ini bisa terjadi karena anda merasa kelelahan atau kemampuan fokus anda terganggu yang membuat anda melakukan banyak kesalahan dari biasanya. Misalnya, saat anda menaiki atau menuruni anak tangga, terdapat banyak sekali proses terjadi disana. Tetapi ketika anda kekurangan tidur, anda menjadi sulit untuk memprosesnya secara benar.

Emosi yang Tidak Terkontrol

Anda mungkin akan merasa kehilangan emosi saat kekurangan tidur di malam hari, karena anda akan menjadi terlalu reaktif terhadap rangsangan emosional. Sehingga, hal-hal sulit yang biasanya bisa anda tangani dengan mudah malah akan membuat anda merasa cemas, sedih, atau marah.

Sering Sakit

Kekurangan tidur juga bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda. Ketika anda tidak cukup mendapatkan tidur di malam hari, maka tubuh anda akan kesulitan dalam melawan virus dan infeksi. Dengan kata lain, anda akan sering jatuh sakit dan bahkan akan kesulitan dalam menyembuhkan penyakit ringan seperti flu. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh anda memproduksi sitokin saat anda tidur yang bisa membantu menjaga anda dari serangan infeksi dan peradangan.

Kulit yang Rusak

Ketika anda tidur, kulit anda akan bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, tetapi jika anda tidak cukup mendapatkan tidur, maka proses tersebut akan terganggu. Kekurangan tidur akan mempengaruhi keseimbangan hormon dan meningkatkan peredaran kadar estrogen di dalam tubuh.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post