CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

8 Gejala dan Tanda Ketika Anda Terlalu Banyak Makan Gula

Gejala dan Tanda Ketika Anda Terlalu Banyak Makan Gula – Gula itu sangat lezat dan hampir semua orang menyukainya. Namun sayangnya, gula dalam jumlah banyak sangatlah buruk untuk kesehatan anda. Terlebih lagi dapat membawa berbagai macam penyakit kronis yang benar-benar dapat mengancam nyawa anda.

Sehingga akan sangat penting sekali untuk mengetahui kapan anda harus berhenti mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung gula tersebut. Setidaknya terdapat 8 tanda bahwa anda sudah mengkonsumsi terlalu banyak gula. Dan demi kesehatan anda, pastikan untuk segera berhenti atau mengurangi asupan gula jika anda mengalami satu atau lebih tanda yang telah kami paparkan di bawah ini.

8-Gejala-dan-Tanda-Ketika-Anda-Terlalu-Banyak-Makan-Gula

Terdapat Keinginan Untuk Selalu Memakan Makanan Manis

Semakin banyak gula yang anda makan, maka semakin anda menginginkannya. Gula akan menjadi sangat adiktif ketika anda terlalu banyak mengkonsumsinya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, maka akan menyebabkan respon hormonal di dalam tubuh anda dimana akan memicu tubuh anda menginginkan lebih banyak gula dari biasanya.

Anda Merasa Lesu Sepanjang Hari

Sesuatu yang telah naik, pasti harus turun. Begitupun yang terjadi dengan tubuh anda ketika mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Setelah gula yang anda makan tersebut menyebabkan lonjakan insulin, maka akan terjadi kondisi yang sangat fatal setelahnya.

Energi anda akan stabil ketika gula darah anda juga stabil, sehingga jika anda mengkonsumsi terlalu banyak gula, maka tinggi dan rendahnya energi anda pun akan dipengaruhi oleh tinggi dan rendahnya gula darah di dalam tubuh anda. Mengkonsumsi terlalu banyak gula juga artinya anda tidak akan mendapatkan cukup protein dan serat, dimana keduanya merupakan nutrisi penting untuk membentuk energi di dalam tubuh anda.

Terdapat Masalah Dengan Kulit Anda

Beberapa orang merasa sensitif dengan lonjakan insulin dari gula yang mereka makan, sehingga akan memicu turunnya hormonal yang dapat menyebabkan jerawat atau rosacea di kulit anda. Masalah kulit tersebut akan muncul dan berlangsung selama beberapa hari. Disarankan untuk segera memotong asupan gula jika hal tersebut terjadi dengan anda, agar proses penyembuhan alami bisa dilakukan secara lebih cepat.

Terdapat Perubahan Suasana Hati (Mood)

Gula darah yang tidak stabil di dalam tubuh anda juga akan menyebabkan perubahan suasana hati sehingga anda akan cenderung mudah marah. Selain itu, ketika energi anda turun secara drastis maka perubahan mood atau suasana hati tersebut juga akan menjadi lebih parah dan lebih sulit untuk dikendalikan.

Berat Badan Anda Menjadi Bertambah

Kelebihan gula artinya kelebihan kalori, dan karena makanan tersebut tidak mengandung protein atau serat, maka tidak akan membuat anda merasa kenyang. Gula juga akan memicu pelepasan insulin, yaitu hormon yang memainkan peran penting dalam kenaikan berat badan. Ketika anda mengkonsumsi gula, maka pankreas anda akan melepaskan insulin, dimana membawa gula-gula tersebut ke dalam organ anda untuk dijadikan sebagai energi.

Dengan begitu, ketika anda mengkonsumsi terlalu banyak gula maka tubuh anda akan memproduksi lebih banyak insulin dan beresiko anda terkena resistensi insulin, yaitu sebuah kondisi dimana tubuh anda sudah tidak bisa lagi menggunakan gula dengan cara yang benar. Terlebih lagi, ketika pankreas anda bekerja terlalu lama, maka anda akan beresiko terkena penyakit diabetes.

Terdapat Banyak Rongga di Gigi Anda

Ketika bakteri memakan partikel makanan di dalam mulut, maka mereka akan memproduksi asam yang menyebabkan gigi anda mengalami kerusakan. Air liur anda pada dasarnya dapat menjaga keseimbangan bakteri baik, namun ketika anda mengkonsumsi gula maka akan mempengaruhi pH dan membuang ekosistem alami mereka. Dengan begitu akan menyebabkan bakteri jahat untuk berkembang biak dan menyebabkan rongga di dalam gigi anda.

Otak Anda Akan Terasa Tumpul

Tanda ini merupakan salah satu gejala dari rendahnya gula darah di dalam tubuh anda. Hal ini terjadi ketika anda mengkonsumsi terlalu banyak gula, maka tingkat gula darah anda akan naik dan turun dengan cepat. Kurangnya kontrol terhadap tingkat gula darah juga menjadi resiko utama dari masalah kognitif dan cara berpikir seseorang.

Rasa Manis Biasa Tidak Akan Memuaskan Anda

Memakan terlalu banyak gula bisa merusak indra pengecap anda terhadap makanan manis. Kelebihan gula ini akan menyebabkan selera anda terhadap makanan manis akan meningkat, sehingga anda membutuhkan lebih banyak gula demi memuaskan hasrat anda terhadap makanan manis tersebut.

Published by

CaraMudah

Seorang admin yang hobi menulis dan mengembangkan blog sederhana

Related Post

  • Tips-Hidup-Sehat-Alami-Dengan-Mudah 60x60

    5 Tips Hidup Sehat Alami Dengan Mudah

    5 Tips Hidup Sehat Alami Dengan Mudah – Kehidupan merupakan arus dengan ritme yang berlangsung sangat cepat. Hampir masyarakat modern memiliki aktifitas yang ingin cepat atau serba instan. Tak
  • Cara-ampuh-menghilangkan-mata-panda 60x60

    Cara ampuh menghilangkan mata panda

    Cara ampuh menghilangkan mata panda - Punya mata panda? Nih! Cara ampuh menghilangkan mata panda. Mata panda adalah posisi kantung mata yang warnanya menghitam dikarenakan banyak hal – hal yang
  • Cara-Mudah-mengatasi-Insomnia 60x60

    Cara Mudah mengatasi Insomnia

    Cara Mudah mengatasi Insomnia - Insomnia adalah situasi ketika mata kita sudah lelah namun otak kita tidak mau terlelap. Posisi seperti ini akan sangat menyiksa apalagi jika esok hari kita harus
  • Tips-Cara-Menyembuhkan-sakit-gigi-secara-alami-dan-mudah 60x60

    Tips Cara Menyembuhkan Sakit Gigi secara alami dan mudah

    Cara Menyembuhkan Sakit Gigi secara alami dan mudah - Sakit gigi memang sangat menyiksa bagi tubuh kita, apalagi ketika malam hari sampai sampai kita sangat susah sekali untuk tertidur. selain
  • Cara-Alami-Untuk-Mengobati-Penyakit-Tuberkulosis 60x60

    Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Tuberkulosis

    Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Tuberkulosis - Tuberkulosis, juga disebut sebagai TB, adalah infeksi pernafasan yang sangat menular yang disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai
  • Translate »