CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

7 Tempat Kuliner Tradisional Yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta

Kota Yogya memang kota yang selalu membuat kita rindu untuk kembali lagi, Bicara tentang wisata dan kuliner di kota yogya tidak ada habisnya, lupakan program diet anda bila sedang liburan ke ke yogya, karena liburan tidak lepas dari wisata kuliner. Pada artikel ini saya akan memberikan tempat kuliner di yogya yang tradisional untuk memuaskan nafsu kuliner anda.

Kuliner Tradisional di Yogyakarta

1. Gudeg Pawon

gudeg pawon di yogyakarta

Tentu kita tidak asing lagi mendengar Gudeg, yah makanan khas kota yogya yang terbuat dari nangka muda dan dimasak dengan santan yang terkenal lezat, ada tiga macam gudeg yaitu gudeg basah, gudeg kering dan gudeg mangar.

Anda tentu sering bertanya gudeg mana ya yang terenak di kota yogya, dari sekian banyak tempat makan gudeg di yogya, ada satu yang unik karena disajikan langsung dari dapur ( pawon ) dan buka hanya waktu malam hari dan selalu ramai sekali. Tempat ini buka pada jam 22.00 tapi anda jangan coba-coba datang pada jam 22.00 pas kalo tidak ingin antri lama dan panjang, karena pengunjung gudeg pawon selalu datang lebih awal malah ada yang 2 jam sebelumnya sudah menunggu.

Untuk lauk di gudeg pawon sama seperti gudeg pada umumnya, yakni ayam kampung, telur bulat, sambel krecek/kulit sapi.

Ada satu kekurangan dari tempat ini yaitu keterbatasan ruang untuk makan dan mbludaknya pengunjung membuat kita tidak nyaman untuk mengobrol sehabis makan. tetapi rasa gudeg nya mak nyus, tidak rugi rasanya antri lama untuk mencicipi gudeg pawon ini.

Alamat : Jalan Janturan No. 36 Warungboto Umbulharjo Yogyakarta 55164 Indonesia.
Buka Jam 22.00 – 24.00 WIB

2. Angkringan Pak Jabrik

angkringan-pak-jabrik-kr-yogya

Angkringan Pak Jabrik atau orang-orang pada menyebutnya Angkringan KR karena letaknya di depan kantor surat kabar KR ( Kedaulatan Rakyat ) sangat terkenal di yogyakarta, angkringan ini selalu ramai oleh pengunjung dan menu makanan di Angkringan Pak Jabrik ini lebih bervariasi dan banyak macamnya daripada angkringan yang lain antara lain nasi kucing dengan lauk sambel teri, oseng tempe, oseng ati ayam, oseng jamur, oseng jamur pedas, sambel tomat dll.

Dengan menu snack yang dapat menemani sambil minum kopi antara lain sate telur puyuh, sate usus ayam, sate bekicot dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat duduk karena Angkringan pak Jabrik punya tempat yang luas. anda bisa memilih tempat duduk di bangku, di kursi taman, atau lesehan di trotoar.

Alamat : Jalan Mangkubumi Depan Kantor Kedaulatan Rakyat.
Buka Jam 17.00 – 24.00 WIB

3. Bakmi Jawa Pak Pele

bakmi-jawa-pak-pele-keraton-yogya

Berkunjung ke Yogyakarta pasti tidak lupa mengunjungi alun-alun dan keraton jogja, saat anda disana janganlah lupa berkunjung ke Bakmi Jawa Pak Pele yang terletak di pojok tenggara Alun-alun Utara Yogyakarta tepatnya satu deretan dengan keraton Yogya. kuliner tradisional di yogyakarta

Anda dapat memesan bakmi jawa godhok, bakmi jawa goreng, mie yang digunakan terdiri dua jenis yaitu mie bihun dan mie kuning dan dimasak dengan menggunakan anglo atau arang sangat terasa suasana tradisionalnya dan rasanya jangan tanya lagi enak banget.

Warung Bakmi Jawa Pak Pele ini mulai buka dari pukul 17.00 sampai dengan 23.00 WIB

Alamat : Jl. Pojok Tenggara Alun-Alun Utara , Panembahan , Kraton , Yogyakarta , Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

4. Mangut Lele Mbah Marto

mangut-lele-mbah-marto

Mangut Lele Mbah Marto sudah tidak asing lagi di telinga pecinta kuliner, salah satu kuliner desa yang lokasinya mblusuk ke dalam kampung dengan warung yang sangat sederhana tetapi tidak pernah sepi pengunjung.

Dengan resep rahasia yang telah teruji puluhan tahun bisa menciptakan mangut lele istimewa dengan kuah santan dan tekstur daging yang empuk, pedan dan cita rasa yang berbeda dengan kebanyakan masakan mangut lele pada umumnya.

Di Warung Mbah Marto tidak hanya menjual Mangut Lele tetapi menjual juga Gudeg, jadi anda bisa mencicipi kedua masakan yang terkenal di kota Yogya.

Mbah Marto tetap mempertahankan cara tradisional untuk mengolah dan memasak mangut lele dimasak dengan tungku dan kayu bakar, mungkin karena dimasak seperti itu sehingga menciptakan cita rasa yang berbeda. Ayo ajak teman kolega atau keluarga anda ke Warung Mangut Lele Mbah Marto saat berkunjung ke Yogya dijamin mak nyus.

Alamat : Dusun Ngireng-ireng Saraban Panggungharjo, Sewon Bantul Di Belakang Kampus ISI ( Institut Seni Indonesia ) Buka Mulai Pukul 10.00 – 16.30 WIB atau tutup kalau sudah habis.

5. Oseng Mercon Bu Narti

oseng-oseng-mercon-bu-narti-jogja

Bagi anda pencinta kuliner pedas, jangan pikir panjang lagi saat anda di Yogya, segera pergi menuju Warung Oseng Mercon Bu Narti untuk menikmati oseng mercon super pedas. kuliner tradisional di yogyakarta

Bagi anda yang belum tahu apa itu Oseng Mercon, Oseng Mercon adalah tumisan tetelan sapi yang dimasak dengan cabe rawit yang banyak sehingga rasanya pedas dan sangat cocok dimakan dengan nasi hangat bertaburkan bawang goreng.

Warung Oseng Mercon Bu Narti juga menyediakan menu makanan selain oseng mercon antara lain Ayam Goreng/Bakar, Lele Goreng/Bakar, Burung Puyuh Goreng/Bakar, Bebek Goreng/Bakar, Ati Rempelo Iso Babat .

Alamat : Jalan KH Ahmad Dahlan Ngampilan Yogyakarta. Mulai Buka Pukul 18.00 – 22.00 WIB

6. Sate Klathak Pak Pong

Sate-Klathak-Pak-Pong

Bagi para pecinta kuliner tentu tidak asing lagi makanan yang namanya Sate karena di Yogyakarta punya juga sate khas yang terkenal, yaitu Sate Klathak. kuliner tradisional di yogyakarta

Sate Klathak adalah sate daging kambing yang ditusuk menggunakan besi dan dibumbui garam saja sehingga aroma daging yang sangat kuat sehingga menggugah selera anda.

Warung Sate Klathak Pak Pong terletak agak jauh dari kota Yogya tepatnya di daerah Imogiri, apabila anda dari Yogya menuju daerah Imogiri terus saja sampai dengan perempatan Imogiri Timur Km 10 lalu belok ke arah Barat kira-kira 500 meter. Warung Sate Pak Pong spanduk warna hijau siap menanti anda.

Alamat : Jl. Imogiri Timur KM. 10, Wonokromo, Pleret, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Lotek Teteg Lempuyangan

lotek-teteg-lempuyangan

Lotek Teteg di Lempuyangan termasuk lotek legendaris di Yogyakarta yang telah berdiri sejak tahun 1968, Warung Lotek Teteh ini berada di bawah Fly Over Lempuyangan tepatnya di depan POM Bensin memang selalu rame dengan hidangan lotek nya yang patut diacungi dua jempol benar2 enak banget. kuliner tradisional di yogyakarta

Bagi para pecinta kuliner jangan lupa menuju ke Warung Lotek Teteg bila anda berkunjung ke Yogyakarta.

Alamat : Jl. Argolubang No. 184, Kelurahan Baciro, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pencarian Populer:

Related Post

  • coban-nirwana 60x60

    Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Malang yang Instagramable

    Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Malang yang Instagramable - Tempat wisata baru di Malang memang selalu bermunculan baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Biasanya tempat wisata yang baru ini
  • sate-kere-yogyakarta 60x60

    Sate Kere Mbah Mardi Kekinian Yang Ngga Bikin kere

    Sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik, apa sih persamaan antara sate serta miskin (kere) padahal kedua nya adalah hal yang sangat berbeda, sama halnya seperti air serta minyak. Kutub Utara serta
  • travelling 60x60

    Ini Bukti Kalau Tidur Lebih Baik Daripada Travelling

    Banyak orang yang mengelu elukan mengenai indahnya Indonesia. Bahkan cukup banyak bule yang jatuh cinta kepada Indonesia dan sampai sampai mempelajari budaya Indonesia bahkan ada yang rela menjadi
  • jejak-barrack-obama-di-jogjakarta-2 60x60

    Jejak Barrack Obama Di Yogyakarta

    Tidak banyak yang tahu kalau Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di Yogyakarta. Ya, Obama sering menghabiskan masa liburan saat kecilnya di rumah pamannya,
  • es-mpok-duren-yogyakarta-2 60x60

    Nikmatnya Es Mpok Duren Yogyakarta Yang Juara !

    Cuaca yang semakin memanas akhir akhir ini memang paling nikmat dan pas kalau sambil menyantap es, segarnya es dan paduan rasa lainnya akan membuatmu melupakan panasnya siang hari. Tapi kalau