CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

7 Manfaat Susu Kelapa dan Cara Membuat Susu Kelapa

Manfaat susu kelapa – Susu kelapa merupakan cairan ekstrak dari kelapa parut atau sering kita dengar dengan istilah Santan kelapa. susu kelapa di negara Asia tenggara sering digunakan sebagai pengganti susu atau sebagai tambahan bahan masakan tertentu.

Santan atau susu kelapa ini kaya akan kandungan vitamin C, E, B1, B3, B5, B6 dan zat besi, Selenium, kalsium, magnesium dan fosfor. Begitu kayanya kandungan nutrisi di susu kelapa ini maka susu kelapa ini bisa menggantikan susu hewani dan merupakan pilihan terbaik bagi penderita yang alergi terhadap susu hewani.

Cara Mudah Membuat Susu Kelapa

Anda dapat membuat susu kelapa sendiri di rumah apalagi caranya sangat mudah, anda hanya membutuhkan kurang lebih 70 gram kelapa parut segar dan secangkir air panas mendidih.

Taruh kelapa parut di dalam mangkuk yang sudah berisi dengan air panas, aduk merata dan biarkan dingin hingga suhu ruangan.

Siapkan mangkuk lain, lalu tempatkan saringan di atas mangkuk tadi, lalu tuang air kelapa parut tadi di atas saringan lalu peraslah susu kelapa tadi. Tambahkan air dengan proporsi yang sama .

Susu kelapa ini bisa dibuat untuk berbagai macam variasi minuman atau makanan, salah satunya adalah Kopi susu kelapa, minuman ini sangat nikmat kalau diminum panas-panas di waktu dingin, simak cara membuat kopi susu kelapa.

manfaat-susu-kelapa-cara-mudah-membuat-susu-kelapa

Susu Kelapa

Resep Cara Membuat Kopi Susu Kelapa.

Bahan-Bahan :

2 sendok teh kopi instan
4 sendok makan gula merah
400 cc santan dari 1/4 butir kelapa
1 ruas jari jahe, memarkan
Garam secukupnya

Cara Pembuatan Coco Milk Coffee ( Kopi Susu Kelapa )  :

Santan, jahe, dan garam dimasak hingga mendidih lalu tuang ke dalam gelas yang sudah diberi kopi instan dan gula merah. Aduk rata dan langsung hidangkan.

Baca juga : Manfaat Minum Jus Kubis Campur Lemon Setiap Hari

7 Manfaat Susu Kelapa untuk kesehatan

Karena kayanya nutrisi di dalam Susu kelapa, maka manfaat susu kelapa bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak, mari kita simak apa saja manfaat susu kelapa bagi kesehatan dan diantaranya

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyaknya kandungan asam laurat, lipid antimikroba dan asam kaprat yang merupakan zat yang memiliki sifat antibakteri, antivirus dan anti jamur di dalam susu kelapa maka bila dikonsumsi maka asam laurat di dalam susu kelapa dapat diproses di dalam tubuh menjadi senyawa monolaurin yang dapat melawan virus, bakteri dan jamur yang menyebabkan berbagai penyakit.

Susu Kelapa bermanfaat menyehatkan rambut

Susu kelapa bila dioleskan ke rambut mempunyai manfaat yang bagus untuk menyuburkan, merangsang folikel rambut agar tumbuh rambut baru dan memulihkan rambut kering, rusak, mudah rontok dan rapuh.

Caranya mudah yaitu anda cukup oleskan susu kelapa segar buatan sendiri di rambut dan pijat-pijat secara lembut tiga sampai lima menit lalu biarkan kurang lebih 20 menit agar nutrisi meresap ke dalam rambut dan akar rambut lalu keramas rambut anda seperti biasanya.

Susu kelapa bermanfaat untuk mengobati radang sendi

Kandungan selenium yaitu zat antioksidan di dalam susu kelapa, dapat mengurangi gejala radang sendi dengan cara menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mengurangi resiko radang sendi.

Susu kelapa bermanfaat menurunkan kolesterol

Asam laurat yang terkandung di dalam susu kelapa dapat mengurangi kolesterol, karena asam laurat dapat meningkatkan HDL ( Kolesterol baik )

Susu kelapa menjaga tekanan darah normal

Susu kelapa yang banyak mengandung sumber yang kaya magnesium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah normal dan menenangkan syaraf sehingga dapat membuatmu menjadi lebih santai.

Susu kelapa bermanfaat untuk kesehatan kulit

Susu kelapa sangat bagus untuk kesehatan kulit, bisa dengan cara diminum atau dioleskan ke kulit, kandungan vitamin A, C, Kalsium, Zat Besi dan protein dapat menghaluskan kulit dan membuat kulit lebih bercahaya.

Susu Kelapa mencegah penuaan dini

Kandungan tembaga dan Vitamin C yang banyak di dalam susu kelapa bermanfaat meningkatkan elastisitas kulit dan memperlambat roses penuaan kulit dan tubuh dengan demikian mencegah keriput dan bercak gelap pada kulit.

Sekian berbagai manfaat susu kelapa untuk kesehatan tubuh, apalagi cara membuatnya sangat mudah dan bisa dipraktekkan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan berbagi tips ini dengan teman atau keluarga anda.

Pencarian Populer:

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Cara-Atasi-Ketombe-Membandel 60x60

    Cara Atasi Ketombe Membandel

    Cara Atasi Ketombe Membandel - Pastinya Anda risih dengan rambut yang dipenuhi dengan ketombe, apalagi rasa gatal yang menyerang kepala. Pasti mempunyai pikiran ingin melepaskan rambut di kepala dan
  • Apakah-Sakit-Maag-Bisa-Membuat-Jantung-Berdebar 60x60

    Apakah Sakit Maag Bisa Membuat Jantung Berdebar

    Apakah sakit maag bisa membuat jantung berdebar – Apa benar, sakit maag ini juga bisa membuat jantung berdebar? Jika Anda memang memiliki penyakit maag dan juga refluks gastro esophageal atau GERD
  • Sakit-Perut-Bagian-Bawah-Saat-Hamil-Muda-Amankah 60x60

    Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil Muda, Amankah?

    Sakit perut bagian bawah saat hamil muda, amankah  - Biasanya saat usia kehamilan mencapai trimester ketiga, ibu hamil akan sering alami keluhan sakit perut. Keluhan ini sebetulnya adalah keluhan
  • Olahraga-untuk-Kesehatan-Jantung-Agar-Tetap-Sehat 60x60

    Olahraga Untuk Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

    Olahraga untuk kesehatan jantung agar tetap sehat – Seperti yang Anda tahu bahwa peran jantung bagi tubuh ini sangat penting sekali, oleh sebab itulah penting sekali untuk Anda semuanya agar selalu
  • Obat-Alami-Asam-Lambung-dari-Tumbuhan 60x60

    Obat Alami Asam Lambung dari Tumbuhan

    Obat alami asam lambung dari tumbuhan – Perlu Anda tahu bahwasannya beberapa gejala khas dari kelebihan asam lambung paling sering ditemui adalah rasa mual, muntah, mulas, kembung, gas berlebih,
  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner