CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

6 Tanda Anda Tidak Cukup Mendapatkan Kalori atau Makanan

Tanda Anda Tidak Cukup Mendapatkan Kalori atau Makanan – Tidak peduli apakah anda tengah mencoba menurunkan berat badan atau menjaga berat badan anda agar tetap ideal, mendapatkan kalori tetaplah sangat penting. Hal ini karena sebagian dari kalori dapat mempengaruhi berat badan dan kebugaran anda.

Menurut Rachele Pojednic, Ph.D., seorang peneliti dari Harvard Medical School dan professor dari Harvard Extension School mengatakan bahwa kalori menggerakkan jaringan tubuh anda termasuk otak, jantung, hati, dan juga ginjal. Sehingga, jika anda memotong kalori dalam jumlah yang banyak maka akan mengganggu kinerja sistem tubuh anda secara langsung.

Para ahli menyarankan untuk tidak memotong kalori hingga di bawah 1.200, karena dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan metabolisme istirahat anda. Faktanya, banyak orang yang sudah mencoba memotong banyak asupan kalori tetapi tidak kunjung mendapatkan penurunan berat badan. Oleh karena itu, baik anda ingin menurunkan berat badan atau tidak, mendapatkan kalori tetap menjadi hal yang wajib untuk anda lakukan.

Untuk mengetahui apakah anda mendapatkan cukup kalori atau tidak, terdapat beberapa ciri atau tanda yang bisa anda perhatikan.

6-Tanda-Anda-Tidak-Cukup-Mendapatkan-Kalori-atau-Makanan

Merasa Lelah Sepanjang Hari

Kalori sama dengan energi. Itu artinya, ketika kalori anda terlalu rendah, maka energi anda juga akan menjadi rendah. Tanpa kalori yang cukup, anda tidak akan memiliki cukup energi untuk menyalakan jaringan dalam tubuh seperti otot. Hal ini karena tubuh anda mengalokasikan kalori yang anda konsumsi ke dalam tugas yang paling penting, yaitu mendukung bagian tubuh anda seperti otak dan jantung.

Tidak Ada Perubahan Dalam Berat Badan Anda

Jika anda mencoba untuk mendapatkan berat badan ideal dalam jangka panjang, maka memotong asupan kalori bukanlah cara yang terbaik untuk dilakukan. Hal ini karena tubuh anda akan berusaha mempertahankan kalori sebanyak yang dia bisa ketika anda tidak mendapatkan cukup kalori , sehingga anda tidak akan mengalami penurunan berat badan sama sekali.

Anda Mengalami Konstipasi Sepanjang Waktu

Terdapat dua alasan utama kenapa hal ini terjadi. Pertama, jika anda tidak cukup makan, maka anda pun tidak akan mendapatkan cukup serat, dimana sudah menjadi kunci utama untuk menjaga agar sistem pencernaan anda tetap berjalan dengan baik. Kedua, anda juga akan terkena dehidrasi. Sehingga jika anda tidak mendapatkan cukup makan, maka tubuh anda akan kebingungan dalam membedakan antara haus dan lapar.

Serat dapat melakukan tugasnya untuk membantu sistem pencernaan anda berjalan baik dengan syarat anda harus mendapatkan cukup air di dalam sistem anda. Dengan kata lain, jika anda tidak mendapatkan cukup serat dan mengalami dehidrasi, maka anda akan mengalami konstipasi.

Anda Akan Merasa Lapar

Gejala ini merupakan ciri yang paling mudah untuk diketahui. Rasa lapar artinya tubuh anda mengirimkan sebuah sinyal kepada diri anda bahwa anda membutuhkan makanan saat itu juga. Hormon-hormon yang aktif dalam mengatur perasaan lapar diantaranya leptin, ghrelin, dan cholecystokinin. Hormon jenis ini dapat berubah tergantung pada jumlah makanan yang anda konsumsi. Sehingga, jika anda tidak mendapatkan cukup makanan, maka ketiga hormon tersebut akan terus aktif dan meminta anda untuk segera mendapatkan makanan.

Anda Marah-Marah Kepada Orang di Sekitar Anda

Banyak orang memiliki keterikatan psikologis terhadap makanan tertentu sehingga akan membuat mereka merasa senang saat memakannya. Tetapi sekali anda tidak mendapatkan makanan tersebut, maka akan memunculkan perasaan negatif yang sulit dikontrol.

Biasanya, proses ini dimulai ketika kadar gula darah anda sangat rendah. Bersama dengan ghrelin yang mengikat reseptor di otak untuk memberikan sinyal perasaan lapar, epinefrin (adrenalin) kemudian akan menyebabkan anda untuk selalu ingin marah-marah. Selain itu, mengkonsumsi terlalu sedikit kalori juga bisa membuat anda merasa frustasi dalam beberapa cara tertentu.

Anda Akan Sering Merasa Haus

Jika anda tidak cukup makan, maka anda akan kehilangan elektrolit penting, yaitu mineral dalam makanan seperti kalsium, sodium, potassium, dan magnesium. Salah satu cara tubuh anda memberitahu bahwa anda kekurangan mineral tersebut adalah dengan rasa haus, karena sodium dan potassium pada dasarnya bertugas untuk tetap menjaga tubuh anda tetap terhidrasi.

Pencarian Populer:

Published by

CaraMudah

Seorang admin yang hobi menulis dan mengembangkan blog sederhana

Related Post

  • Tips-Hidup-Sehat-Alami-Dengan-Mudah 60x60

    5 Tips Hidup Sehat Alami Dengan Mudah

    5 Tips Hidup Sehat Alami Dengan Mudah – Kehidupan merupakan arus dengan ritme yang berlangsung sangat cepat. Hampir masyarakat modern memiliki aktifitas yang ingin cepat atau serba instan. Tak
  • Cara-ampuh-menghilangkan-mata-panda 60x60

    Cara ampuh menghilangkan mata panda

    Cara ampuh menghilangkan mata panda - Punya mata panda? Nih! Cara ampuh menghilangkan mata panda. Mata panda adalah posisi kantung mata yang warnanya menghitam dikarenakan banyak hal – hal yang
  • Cara-Mudah-mengatasi-Insomnia 60x60

    Cara Mudah mengatasi Insomnia

    Cara Mudah mengatasi Insomnia - Insomnia adalah situasi ketika mata kita sudah lelah namun otak kita tidak mau terlelap. Posisi seperti ini akan sangat menyiksa apalagi jika esok hari kita harus
  • Tips-Cara-Menyembuhkan-sakit-gigi-secara-alami-dan-mudah 60x60

    Tips Cara Menyembuhkan Sakit Gigi secara alami dan mudah

    Cara Menyembuhkan Sakit Gigi secara alami dan mudah - Sakit gigi memang sangat menyiksa bagi tubuh kita, apalagi ketika malam hari sampai sampai kita sangat susah sekali untuk tertidur. selain
  • Cara-Alami-Untuk-Mengobati-Penyakit-Tuberkulosis 60x60

    Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Tuberkulosis

    Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Tuberkulosis - Tuberkulosis, juga disebut sebagai TB, adalah infeksi pernafasan yang sangat menular yang disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai
  • Translate »