CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

6 Google Search Tips Yang Harus Anda Ketahui

Google Search Tips – Dalam satu hari hampir jutaan orang melakukan pencarian apa saja di Internet menggunakan Google, tetapi banyak orang tidak mengetahui cara menggunakan kemampuan mesin pencari Google secara optimal.

Pada kesempatan ini caramudah akan memberikan 10 tips menggunakan kemampuan mesin pencari Google, tips ini dapat membantu anda lebih efisien dan efektif untuk pencarian apa saja di Internet dengan menggunakan Google search engine, mari kita simak 10 Google Search tips dibawah ini.

Tips Google Search Engine

1.Mencari website yang hampir sama atau berkaitan

Kadang kita ingin mencari beberapa website yang berkaitan dengan website tertentu, untuk melakukan pencarian tersebut kita dapat mengetikkan “related:google.com” ( diketik tanpa tanda petik ).

Hasil pencarian bisa anda lihat pada gambar dibawah ini, terlihat beberapa website-website yang sejenis atau hampir sama dengan Google.com.

google-search-tips-1

2.Mencari file dengan ektensi tertentu menggunakan Google

Mungkin saat ini kita ingin mencari dokumen berformat Excel, Word, PDF ,sebenarnya di Google sudah terdapat cara untuk melakukan pencarian berdasarkan format file atau ekstensi file, kita tinggal mengetikkan “kata kunci pencarian filetype:<ektensi file>”

Contoh : 

Kita ingin mencari dokumen tentang malware virus yang formatnya PDF maka kita tinggal mengetikkan seperti berikut di Google search engine.

malware virus filetype:pdf

Maka hasil pencariannya bisa terlihat seperti dibawah ini:

google-search-tips-2

3.Menggunakan Search Operator untuk menghasilkan hasil pencarian yang lebih baik

a.Search Operator ( + / – ).

Kita bisa mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik atau lebih fokus dengan menggunakan Search operator, di Google Search Engine.

Misalkan kita ingin mencari berita tentang Tom Cruise, maka biasanya kita tinggal mengetikkan tom cruise di search engine, maka hasil pencariannya yang ditampilkan terlalu luas, untuk mempersempit topik kita bisa menggunakan search operator + atau -.

Misalkan : tom cruise +wife

Maka akan dihasilkan hasil pencarian yang hanya topik seputar istri tom cruise.

b.Search operator ( ” / * )

Kita dapat menggunakan tanda kutip ( ” ) di kunci pencarian kita sehingga menghasilkan pencarian yang hanya tepat mengandung kata kunci kita.

Misalkan : “may the force be with you”

Maka akan dihasilkan hasil pencarian yang hanya mengandung frase “may the force be with you” saja.

google-search-tips-3

Bila kita ingin mencari pencarian dimana ada suatu kata kunci yang kita tidak ketahui, dan ingin memunculkan sebagian kata kunci yang sudah kita ketahui maka kita bisa menggunakan search operator dengan simbol * ( asterisk ).

Misalkan : “may the * be with you”

Maka hasil pencarian yang dihasilkan adalah semua yang ada may the and with you, dimana tanda * akan diganti dengan semua kata yang ada oleh Google.

google-search-tips-4

Nah dapat kita lihat perbedaan hasil pencarian dari Google dimana kata kunci May the .. be with you selalu ada, tetapi * digantikan oleh semua kata kunci yang bisa ditemukan Google.

4. Menggunakan nearby untuk mencari tempat yang dekat dengan posisi kita saat ini

Kita dapat menggabungkan kata kunci kita dengan keyword nearby, biasanya digunakan untuk mencari tempat yang posisinya dekat dengan kita saat itu.

Misalkan kita ingin mencari pom bensin yang dekat dengan posisi kita, maka kita dapat mengetikkan

pom bensin nearby

Maka hasil pencariannya akan didapat sebagai berikut :

google-search-tips-5

5. Mencari suatu kata kunci di website tertentu menggunakan keyword site.

Kita dapat mencari suatu artikel di satu website tertentu, misalkan kita ingin mencari berita tentant tukul di website detik.com kita dapat mengetikkan seperti berikut di Google search engine.

tukul site:detik.com

Maka kita akan mendapatkan hasil pencarian sebagai berikut :

google-search-tips-6

Dapat kita lihat bahwa hasil pencarian memiliki URL hanya dari website detik.com

Kita juga dapat mencari suatu kata kunci di dalam website yang mempunyai root domain tertentu misalkan .go.id , sebagai contoh kita ingin mencari artikel yang berkaitan dengan kota semarang yang hanya dari domain berektensi .go.id ( Domain pemerintahan Indonesia ) . Kita dapat mengetikkan sebagai berikut :

kota semarang site:.go.id

Maka hasil pencarian yang dihasilkan hanya dari website yang mempunyai domain berakhiran .go.id

6. Menggunakan keyword intitle di Google

Kita dapat menggunakan keyword intitle di Google untuk mencari semua website yang mempunyai judul sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan .

Misalkan kita ingin mencari semua halaman website yang mengandung kata kunci Telkomsel ,maka kita cukup mengetikkan sebagai berikut.

intitle:Telkomsel

Maka akan ditampilkan semua website yang judul yang ada kata Telkomsel nya. Sekian artikelya, semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share kepada teman ataupun kolega anda.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post