CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

5 Makanan Agar Jantung Sehat

5 makanan agar jantung sehat – Menjalani pola hidup sehat bisa menjadikan Anda terhindar dari berbagai penyakit, termasuk penyaki jantung. Salah satunya adalah dengan cara memulai kebiasaan konsumsi makan makanan sehat untuk jantung.

Pertama adalah dengan menghindari makanan siap saji atau instan sebab bisa memperbesar resiko terkena penyakit jantung. Selain berkalori tinggi, makanan siap saji ini biasanya mengandung kadar garam tinggi, sehingga bisa sebabkan hipertensi.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwasannya dengan melakukan kebiasaan sehat, seperti olahraga yang teratur, mengkonsumsi makanan sehat, dan tidak merokok, bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga 82%. Selain hal tersebut, penelitian lain juga mengungkapkan bahwasannya orang yang berusia 70 -90 tahun yang membiasakan hidup sehat, bisa menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung hingga 66%.

5-Makanan-Agar-Jantung-Sehat

5 Makanan Agar Jantung Sehat

 

Apel

Mengkonsumsi 1 – 2 buah apel per hari bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Sebab apel efektif mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh dan bantu mengurangi gula darah. Hal yang demikian ini karena selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lainnya yang sangat baik untuk jantung, yakni pektin dan quercetin. Quercetin merupakan senyawa yang bisa cegah peradangan dan asma, serta diduga mampu cegah kanker, sementar aitu pektin sendiri adalah serat larut yang bantu turunkan tingkat gula darah serta tekanan darah.

 

Bawang

Bawang putih juga tidak mempengaruhi tekanan darah, sehingga bisa sering dikonsumsi. Bawang putih juga bisa gantikan garam untuk menambah rasa pada makanan. Hal ini baik sekali bagi kesehatan jantung, sebab semakin banyak konsumsi garam, maka semakin tinggi pula resiko untuk terkena tekanan darah tinggi yang bisa memicu penyakit stroke dan jantung. Batas asupan garam setiap harinya adalah tidak lebih dari 5 – 6 gram per hari.

 

Anggur

Anggur juga diduga berpotensi sekali cegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ini dikarenakan di dalamnya terdapat serat dan senyawa quercetin. Quercetin ini bisa melindungi pembuluh darah dari terjadinya penyumbatan. Meskipun efek anggur bagi kesehatan jantung belum diteliti lebih dalam lagi.

 

Beri

Ragam buah beri seperti stroberi, blueberry, rasberi, dan juga blackberry bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Buah bery ini kaya akan serat dan antioksidan yang diduga cukup ampuh dalam mengurangi peluang terjadinya serangan jantung. Selain hal tersebut, rasa manis buah beri tak memicu diabetes.

 

Teh hijau

Ini adalah salah satu jenis minuman favorit, apalagi karena manfaatnya. Ada sejumlah penelitian menemukan keterkaitannya dengan penurunan resiko penyakit jantung. Salah satunya adalah penelitian yang diadakan di Jepang, mereka telah meminum lebih dari 5 cangkir teh hijau dalam sehari memiliki resiko sekitar 25% lebih rendah alami kematian akibat dari serangan jantung dan juga stroke.

Tetapi, Anda diharapkan untuk tetap berhati – hati dalam mengkonsumsi teh hijau. Meminum lebih dari 5 cangkir teh hijau setiap harinya bisa meningkatkan resiko penyakit batu ginjal. Oleh sebab itulah, bila mengkonsumsi banyak teh hijau, perbanyak juga konsumsi air putih supaya Anda bisa terhindar dari dehidrasi serta agar sistem kemih Anda tetap lancar.

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung, Anda juga perlu melakukan aktifitas fisik atau olahraga yang teratur, dan hindarilah merokok, supaya tubuh Anda tetap sehat serta jantung senantiasa kuat memompa darah ke seluruh tubuh dengan sangat baik.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang 5 makanan agar jantung sehat. Semoga saja bisa bermanfaat.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner