CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

5 Kondisi yang Terjadi Ketika Anda Jarang Menyikat Lidah

Kondisi yang Terjadi Ketika Anda Jarang Menyikat Lidah – Kita sudah biasa diajarkan untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari, di pagi hari dan sebelum tidur. Tetapi kebanyakan dari kita lupa untuk selalu membersihkan bagian vital lainnya di mulut, salah satunya adalah lidah. Menurut Vera W.L. Tang, DDS, seorang asisten profesor klinis di departemen periodontik dan kedokteran gigi implan di New York University menjelaskan bahwa terdapat sekitar 700 spesies bakteri berbeda yang hidup di mulut anda.

Sebenarnya kebanyakan dari bakteri di mulut anda tersebut sama sekali tidak berbahaya. Tetapi ketika bakteri jahat mulai muncul, maka mereka akan berkembang biak di celah-celah sekitar papila, atau benjolan kecil di permukaan lidah dan bisa menyebabkan masalah serta kerusakan yang serius.

Barbara L. McClatchie, DDS, seorang anggota pendiri American Academy of Oral Systemic Heath dan pemilik dari Complete Health Dentistry di Columbus, Ohio, juga mengatakan bahwa lidah anda bisa berubah menjadi sarang bakteri jahat dan dapat menyebarkan penyakit ke berbagai area mulut. Terdapat beberapa masalah dan penyakit yang mungkin terjadi ketika anda tidak rutin dalam membersihkan lidah anda.

5-Kondisi-yang-Terjadi-Ketika-Anda-Jarang-Menyikat-Lidah

Halitosis (Bau Mulut)

Bau mulut merupakan masalah utama yang dikaitkan dengan kesehatan lidah yang buruk. Bakteri-bakteri jahat akan membuat rumah di lidah anda dan mulai melakukan pertumbuhan di segala penjuru di mulut anda, sehingga akan mengeluarkan bau busuk. Bakteri penyebab bau cenderung mengintai di bagian belakang lidah anda, sehingga akan sangat penting untuk selalu membersihkannya di area tersebut.

Kurangnya Indra Pengecap

Ketika anda tidak rutin membersihkan atau menyikat lidah anda, maka lapisan bakteri, partikel makanan, dan sel kulit mati yang disebut sebagai biofilm akan menutupi lidah anda sehingga akan mengurangi ketajaman anda dalam mengecap makanan tertentu.

Lidah Berbulu Hitam

Kondisi ini muncul ketika papila di lidah anda mulai ternoda dari makanan sisa atau partikel minuman seperti kopi. Biasanya, lidah berbulu hitam akan muncul ketika partikal-partikel tersebut tidak anda bersihkan dari waktu ke waktu. Kondisi ini akan membuat lidah anda terlihat gelap dan berbulu. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena lidah berbulu hitam sama sekali tidak berbahaya dan akan hilang setelah anda membersihkannya.

Infeksi Ragi

Secara medis dikenal sebagai sariawan oral, terjadi ketika tingkat bakteri di mulut anda tumbuh secara drastis. Salah satu alasannya adalah karena anda tidak selalu menyikat lidah anda secara teratur, sehingga ragi bisa tumbuh tidak terkontrol di mulut anda dan akan tumbuh banyak bercak putih di lidah anda. Obat anti jamur bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobatinya, dan jangan lupa untuk selalu membersihkan lidah anda secara teratur demi mencegahnya datang kembali.

Penyakit Periodontal

Bakteri yang menumpuk di lidah anda dapat menyebar ke gigi anda, sehingga akan menyebabkan radang gusi atau gusi yang memerah. Jika tidak diobati, maka peradangan tersebut bisa berlanjut ke penyakit periodontal, yaitu sebuah kondisi dimana gusi anda menjauh dari gigi dan ruang diantaranya menjadi terinfeksi.

Akibatnya, gigi anda akan rontok, dan lebih parahnya dapat meningkatkan resiko anda terkena serangan jantung, stroke, dan tingkat keguguran yang lebih tinggi.

Nah itu adalah beberapa kondisi yang Terjadi Ketika Anda Jarang Menyikat Lidah, Mulai sekarang alangkah baiknya kita membiasakan diri untuk menyikat gigi sambil menggosok gigi.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post