CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

5 Cara Alami Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Cara Alami Untuk Mengatasi Infeksi Saluran Kemih (ISK) – Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan infeksi yang mempengaruhi bagian-bagian saluran kemih di dalam tubuh anda, termasuk ginjal, ureter, kandung kemih, maupun uretra. Bakteri yang berasal dari ususlah yang biasanya menyebabkan anda terkena ISK, tetapi jamur dan virus juga bisa menjadi salah satu pelakunya.

5-Cara-Alami-Untuk-Mengatasi-Infeksi-Saluran-Kemih-ISK

Dua jenis bakteri bernama Escherichia coli dan Staphylococcus saprophyticus merupakan bakteri yang paling umum menjadi penyebabnya. Beberapa gejala dari ISK bisa meliputi:

  • Sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil
  • Warna urin yang gelap
  • Bau urin yang sangat kuat
  • Nyeri panggul

Meskipun penyakit ISK dapat menjangkiti siapapun, tetapi kaum wanita lebih rentan terinfeksi. Hal ini karena uretra, yaitu tabung yang membawa urin keluar dari kendung kemih, cenderung lebih pendek untuk wanita. Sehingga akan membuat bakteri lebih mudah masuk dan mencapai kandung kemih.

Faktanya, hampir setengah dari kaum wanita akan mengalami ISK setidaknya sekali dalam hidup mereka. Meskipun terdapat beberapa antibiotik yang dapat mengatasi masalah tersebut dan menjaganya agar tidak datang kembali, terdapat juga beberapa cara alami yang bisa anda lakukan. Tanpa berbasa-basi lagi, berikut adalah 5 cara alami yang bisa anda lakukan untuk melawan ISK.

Minum Banyak Cairan

Tubuh yang terhidrasi dengan baik sudah dikaitkan dengan rendahnya resiko anda terkena infeksi saluran kemih. Hal ini karena buang air kecil secara teratur dapat membantu tubuh anda membuang bakteri melalui saluran kemih demi mencegah infeksi. Salah satu cara agar anda sering buang air kecil adalah dengan mendapatkan cairan yang cukup. Untuk selalu dapat terhidrasi dan mendapatkan kebutuhan cairan harian anda, pastikan anda untuk lebih memilih air putih dan segera mendapatkannya sesaat setelah anda merasakan haus.

Tingkatkan Asupan Vitamin C

Beberapa bukti telah memperlihatkan bahwa dengan meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu anda menjaga dari infeksi saluran kemih. Vitamin C diduga bekerja dengan meningkatkan tingkat keasaman di urin anda, sehingga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber terbaik yang bisa anda dapatkan dari vitamin C, termasuk cabai merah, jeruk, atau buah kiwi.

Minum Jus Cranberry Tanpa Pemanis

Meminum jus cranberry tanpa pemanis merupakan salah satu solusi alami yang paling terkenal untuk melawan infeksi saluran kemih. Cranberry bekerja dengan mencegah bakteri menempel pada saluran kemih anda, sehingga dapat mencegah infeksi.

Cobalah Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme baik yang dapat dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. Mereka dapat mempromosikan kesehatan yang seimbang dari bakteri yang terdapat dalam perut anda. Probiotik bisa anda dapatkan dari suplemen atau dalam makanan fermentasi seperti kimchi dan yogurt probiotik. Penggunaan probiotik ini telah dikaitkan dengan berbagai macam perbaikan kesehatan pencernaan hingga peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa probiotik tertentu dapat mengurangi resiko anda terkena ISK.

Biasakan Mendapatkan Kebiasaan Hidup Sehat

Dalam mencegah infeksi saluran kemih dapat dimulai dengan berlatih melakukan beberapa kebiasaan yang sehat. Pertama-tama, biasakan diri anda untuk tidak selalu menahan keinginan buang air kecil terlalu lama, karena dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan membuat anda terkena infeksi. Buang air kecil setelah berhubungan badan juga dapat mengurangi resiko anda terkena ISK dengan mencegah penyebaran bakteri.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post