CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

4 Tips Hidup Sederhana Dalam Islam

4 Tips Hidup Sederhana Dalam Islam – Meskipun gaya hidup bersahaja dan sederhana adalah pola kehidupan yang dipilih Rasulullah. Akan tetapi beliau tidak pernah melarang umatnya untuk menjadikan kaya, bahkan beliau selalu mendukung umat Islam untuk menjadi kaya. Hal ini tak terlepas dari para sahabat Rasulullah yang siap menagkahkan kekayaanya untuk dakwah Islam, demi kemaslahatan umat bersama.

Salah satu konsep yang mungkin bisa diterapkan adalah melakukan zuhud, dimana menjadi pilihan para diri seorang Nabi dan Rasul. Seorang Rasul adalah contoh tauladan bagi ummatnya, maka apa yang dipilih oleh Rasulullah adalah suru tauladan terbaik yang akan membuat hidup lebih bahagia. Nah, di bawah ini beberapa tips hidup sederhana dalam Islam yang mesti anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips-Hidup-Sederhana-Dalam-Islam

Cara Menerapkan Hidup Sederhana Dalam Islam

1.Terus Belajar dan Mengembangkan Diri

Adapun ciri hidup sederhana adalah belajar secara terus menerus serta mengembangkan dirinya. Hal ini karena orang yang hidup dalam kesederhanaan akan terus meningkatkan kualitas sera kapasitas diri secara terus menerus. Hidup seseorang tentu akan dinamis dan dipenuhi penyiksaan secara bijak terhadap perubahan. Pasalnya mereka sadar bahwa perubahan adalah sesuatu yang pasti. Dengan demikian hidup sederhana itu bukan berarti hanya diam ketika melihat perubahan, tetapi penuh semangat menyambut perubahan secara dinamis dan penuh gairah antusias.

2. Bisa Mengendalikan Diri

Adapun ciri-ciri sederhana dalam menjalankan hidup adalah mampu menguasai dan mengendalikan diri. Orang-orang yang hidup sederhana itu seakan-akan merupakan seseorang yang sadar akan kehidupan dunia yang bersifat fana. Keputusan mereka akan ditetapkan dan perbuatan yang dilakukan adalah sudah melalui hasil pemikiran dan pertimbangan yang matang. Apalagi jika mereka tidak mengambil keputusan maupun menerapkan suatu tindakan atas dasar emosi yang sifatnya sesaat saja.

3.Membelanjakan Uang Secukupnya

Hidup sederhana merupakan tidak akan menghambur-hamburkan uang untuk belanja secara berlebihan. Biasanya sifat seseoang tersebut akan selalu mencatat daftar belanjaan sebelum mereka berangkat ke pasar ataupun  supermarket. Memiliki catatan daftar belanja maka orang yang hidup sederhana akan lebih fokus dalam mencari barang-barang belanjaannya. Hal semacam ini tentu akan menjadikan seseorang lebih bisa mempertimbangkan diri untuk membeli sesuatu.

4.Bersyukur Atas Apa yang Dimiliki

Hidup sederhana memang mesti disyukuri atas apa yang dimiliki. Pasalnya hidup dengan penuh kesederhanaan akan bisa mengendalikan diri untuk tidak berisiko tersiksa oleh keinginan mendapatkan sesuatu yang belum dimiliki. Karena terlalu besarnya keinginan untuk memiliki sesuatu yang tidak dimiliki hanya akan membuat hati dan pikiran terbebani. Bersyukur atas apa yang dimiliki maka seseorang akan lebih mengedepankan rasa terimakasih kepada sang maha kuasa atas segala limpahan karunia yang diberikan. Hanya dengan bersyukur maka hati maupun pikiran akan lebih tenang, sehingga lebih bisa fokus bekerja untuk menghasilkan karya masterpiece.

Bagaimana, anda sudah menerapkan 4 Tips Hidup Sederhana Dalam Islam? Pastikan anda memiliki pola hidup yang lebih terarah dan terencana secara lebih baik. Semoga info di atasa bermanfaat bagi anda semua.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post