CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

5 Cara Hidup Rukun Bersama Tetangga Dan Orang Sekitar

5 Cara Hidup Rukun Bersama Tetangga Dan Orang Sekitar – Manusia memang ditadirkan sebagai makhluk sosial yang kehidupannya saling bergantung dengan manusia lainnya. Maka kehidupan bertangga dan juga dengan orang sekitar, mestilah dibangun dengan baik. Karena tetangga dan orang – orang sekitar, adalah saudara paling dekat kita, yang akan pertama kali menolong, jika sesuatu terjadi kepada kita, atau rumah kita, dan juga sebaliknya. Hidup rukun bersama dengan tetangga, tentu mesti dijalin dengan baik.

Selain ketentraman lingkungan terjaga, hidup yang rukun bersama tetangga, tentunya akan menentramkan hati satu dengan lainnya, dan membuat anda nyaman tinggal dilingkungan anda. Tentunya ini mesti dibangun dari awal, dan bahkan dari anda terlebih dahulu, dengan menerapkan cara hidup rukung dengan tetangga dan masyarakat sekitar. Berikut ini, adalah beberapa cara hidup rukun bersama tetangga dan orang sekitar, yang bisa anda ketahui.

Cara-Hidup-Rukun-Bersama-Tetangga-Dan-Orang-Sekitar

Cara Hidup Rukun Bersama Tetangga Dan Sekitar

1.Tidak egois

Salah satu hal yang menjadi naluriah seorang manusia adalah memiliki sifat egoisme yang ada dalam hatinya. Tinggal bagaimana manusianya yang mengelola sifat egoisnya, agar tidak mendominasi kehidupannya. Tidak bersikap egois merupakan hal penting dalam berkehidupan bertangga dan juga kehidupan bermasyarakat, agar nantinya anda bisa lebih rukun dan juga tentram. Milikilah toleransi yang tinggi untuk tetangga sekitar, agar nantinya mereka juga akan merasa nyaman tinggal berdekatan dengan kita.

2.Tidak meributkan hal – hal sepele

Hal yang sepele, jika diributkan, bisa mengarah kepada hal yang lebih besar lagi, sehingga keributan kecil karena hal sepele, bisa memicu konflik dengan tetangga dan orang sekitar. Maka sebaiknya sama seperti tidak egois, milikilah toleransi yang lebih, termasuk untuk memaafkan sesuatu yang sifatnya sepele. Ini sangat bermanfaat menentramkan hati anda dan orang sekitar.

3.Berkomunikasi dengan baik

Segala sesuatu sebenarnya berawal dari komunikasi. Sebuah hubungan, apapun itu hubungannya, tentulah akan berjalan dengan baik, jika komunikasi antar keduanya baik, termasuk kehidupan bertangga dan bermasyarakat. Jika terjadi masalah, segera selesaikan dengan cara komunikasi yang baik, dan temukan titik solusinya bersama – sama, agar tidak mengakar nantinya.

4.Tidak bergosip

Salah satu pemicu sebuah hubungan lingkungan retak adalah dengan tidak memulai dan ikut bergosip dengan tetangga lainnya. Ini selain akan menjaga hati anda, juga akan menjaga hati yang digosipkan, dan anda juga bisa terhindar dari berita – berita yang belum tentu benar, bahkan bisa jadi hoax. Bersosialisasi dengan baik dengan sesama tetangga dan orang sekitar, namun menjauhkan diri untuk menggunjing atau bergosip, adalah hal bijak yang perlu untuk anda lakukan.

5.Memberi hadiah untuk tetangga

Hal lainnya yang menjadi salah satu pemicu hubungan tetangga dan lingkungan tentram adalah dengan saling memberikan hadiah. Anda bisa mencoba memberi sebagian makanan yang anda masak, atau kue bahkan oleh – oleh ketika pulang dari luar kota. Selain menyenangkan tetangga, silaturahmi anda dan tetangga juga bisa berjalan dengan baik.

Dengan hidup rukun dengan tetangga dan orang – orang sekitar, tentu saja anda akan andil besar terhadap ketenangan dan ketertiban lingkungan, serta membuat hidup anda pribadi lebih tenang. Semoga bermanfaat.

Pencarian Populer:

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Beberapa-Dampak-Positif-dan-Negatif-Bermain-Game-Online 60x60

    Beberapa Dampak Positif dan Negatif Bermain Game Online

    Inilah Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online – Memainkan game memang sangat menyenangkan hingga membuat pemainnya lupa waktu. Namun ada kalanya bermain game untuk menghilangkan penat
  • Ingin-Hidup-Bahagia-Ini-Dia-5-Cara-Jitunya 60x60

    Ingin Hidup Bahagia Ini Dia 5 Cara Jitunya

    Ingin Hidup Bahagia Ini Dia 5 Cara Jitunya – Bahagia adalah hal yang tentu saja selalu dicari oleh semua orang. Hidup yang bahagia, menjadikan diri lebih tentram, bahkan bisa bersikap bijak kepada
  • Cara-Tetap-Bahagia-Walapun-Hidup-Jomblo 60x60

    4 Cara Tetap Bahagia, Walapun Hidup Jomblo

    Hidup Jomblo Tenang Saja Ada 4 Cara Yang Bisa Membuat Anda Tetap Bahagia – Banyak orang yang beranggapan bahwa menjomblo adalah hal yang aneh dan bahkan dicap sebagai pribadi yang tidak laku,
  • Tips-Memulai-Hidup-Baru-Dengan-Pasangan 60x60

    5 Tips Memulai Hidup Baru Dengan Pasangan

    5 Tips Memulai Hidup Baru Dengan Pasangan – Masa transisi, atau peralihan dari kehidupan yang sendiri, dan beralih dengan pasangan anda, tentunya memerlukan adaptasi tersendiri, karena keduanya
  • Kenali-6-Manfaat-Menerapkan-Hidup-Hemat 60x60

    Kenali 6 Manfaat Menerapkan Hidup Hemat

    Wow Ternyata Ini 6 Manfaat Hidup Hemat – Mungkin anda pernah mendengar petuah, “hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin”. Setidaknya anda selalu mengingat hal tersebut untuk diaplikasikan ke
  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner