CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

12 Tanda Anda Kekurangan Asupan Lemak

Tanda anda kekurangan lemak – Banyak orang menghindari lemak agar bisa menurunkan berat badan. Padahal, lemak memiliki banyak jenis dan tidak bisa dihilangkan begitu saja dalam pola makan anda. Meskipun pada dasarnya terdapat lemak yang dapat membuat anda terkena berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, kolesterol tinggi, dan diabetes, tetapi menurut American Heart Association mengatakan bahwa terdapat pula lemak yang menguntungkan.

Lemak jahat yang dapat merugikan kesehatan anda diantaranya lemak jenuh dan lemak trans. Sementara lemak tak jenuh tunggal (MUFAs) dan lemak tak jenuh ganda (PUFAs) malah justru dapat memberikan anda manfaat kesehatan ketika anda mengkonsumsinya dalam jumlah sedang. Sehingga, pastikan anda untuk tidak melewatkannya meskipun tengah melakukan upaya penurunan berat badan.

Selain itu, sangat penting juga bagi anda untuk mendapatkan asam lemak esensial seperti omega-3 yang dapat menurunkan peradangan hingga melawan demensia. Jadi, sudahkah anda mendapatkan lemak hari ini? Jika anda memotong asupan lemak terlalu banyak, maka akan mengundang masalah lain untuk anda. Baiknya, anda menghindari hal tersebut.

12-Tanda-Anda-Kekurangan-Asupan-Lemak

12 Tanda Anda Kekurangan Asupan Lemak

Kulit Kering

Jika anda mengalami kulit kering, gatal, atau bahkan mengelupas, pastikan anda untuk segera mengkonsumsi lebih banyak minyak zaitun, kacang-kacangan dan alpukat. Dengan begitu tubuh anda akan mendapatkan asam lemak yang dibutuhkan oleh kelenjar penghasil minyak, yaitu pelembab kulit alami di dalam tubuh anda.

Selain itu, pastikan anda mendapatkan cukup EFA seperti omega-3 dan omega-6 yang akan menjaga selaput sel kulit sehat dan menghasilkan banyak lipid, yaitu sejenis penjaga kulit yang menghalangi air keluar dari kulit anda, sehingga menjaganya agar tetap terhidrasi dan awet muda.

Depresi dan Mudah Marah

Asam lemak omega-3 tertentu seperti EPA dan DHA bisa sangat efektif dalam mencegah depresi. Jika mood atau suasana hati anda berubah secara tiba-tiba, maka cobalah untuk segera mengkonsumsi ikan berlemak atau flaxseed. Sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 22.000 orang Norwegia telah menunjukkan bahwa dengan mendapatkan asupan omega-3 maka dapat menurunkan gejala depresi sebanyak 30%.

Kehilangan Energi

Jika anda selalu merasa lelah sebelum waktunya, misalnya sudah kehilangan energi pada pukul 3 sore atau merasa kelelahan saat bangun tidur di pagi hari, pastikan anda untuk mendapatkan makronutrisi yang cukup seperti karbohidrat, lemak, dan protein. Lemak merupakan sumber energi yang paling baik untuk tubuh anda dari ketiga jenis makronutrisi tersebut.

Merasa Selalu Lapar

Jika anda selalu merasa lapar dalam satu atau dua jam setelah makan, kemungkinan anda kekurangan lemak dalam pola makan anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan dengan asupan lemak yang cukup dapat membantu anda menghilangkan perasaan lapar dan mengatur nafsu makan anda dengan baik.

Lemak yang disarankan disini adalah lemak tak jenuh ganda yang bisa anda temukan dalam ikan berminyak, kenari dan tahu, serta asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa anda dapatkan dalam alpukat, minyak zaitun, dan selai kacang.

Terkena Flu Sepanjang Waktu

Pernahkan anda terkena flu sepanjang waktu? Kemungkinan anda juga kekurangan lemak. hal ini karena lemak dapat membantu tubuh anda mengatur suhu inti di dalam tubuh. Lapisan lemak di bawah kulit (lemak subkutan) dirancang untuk melindungi tubuh sehingga menjaganya agar tetap panas di dalam.

Tidak Bisa Berpikir Secara Jernih

Karena asam lemak omega-3 sangat terkonsentrasi di otak anda, maka jenis lemak ini dianggap sangat penting untuk kinerja mental dan memori. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 secara seimbang, maka bisa membantu fungsi otak anda secara efisien.

Berat Badan Anda Tidak Akan Turun

Banyak orang yang menghindari lemak karena ingin menurunkan berat badan, tetapi faktanya justru hal tersebut tidak akan bekerja dengan baik. Jika anda memotong asupan lemak dalam pola makan anda, maka secara tidak sadar anda akan meningkatkan asupan karbohidrat dan protein. Sehingga jika anda ingin benar-benar menurunkan berat badan, tingkatkan asupan lemak sehat dan menurunkan asupan karbohidrat merupakan cara yang lebih baik untuk dilakukan. Dengan sedikitnya karbohidrat di dalam tubuh anda, maka tubuh anda akan mengambil lemak tersebut untuk dijadikan energi.

Masalah Penglihatan

Masalah penglihatan bisa menjadi tanda dari kurangnya asupan asam lemak esensial. Menurut seorang dokter mata bernama Dr. Gary Heiting, omega-3 dapat membantu menjaga mata orang dewasa dari degenerasi makula, tekanan mata, dan glaukoma.

Nyeri Otot

Jika anda seorang atlet dan menderita radang sendi atau nyeri sendi biasa, maka mendapatkan asupan lemak sehat merupakan sebuah keharusan. Dengan mengkonsumsi lemak sehat dan menghindari lemak jahat, maka anda bisa mengurangi peradangan di seluruh tubuh anda. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan gejala kekakuan di pagi hari dan persendian yang bengkak, bersama dengan membantu meningkatkan aliran darah saat berolahraga.

Kehilangan Kolesterol Baik (HDL)

Banyak orang sudah mengetahui bahwa kolesterol jahat (LDL) dapat meningkatkan resiko anda terkena penyakit jantung. Tetapi, terdapat pula kolesterol baik yang perlu ditingkatkan, yaitu HDL. Agar tidak kehilangan HDL, cobalah untuk mengkonsumsi makanan seperti salmon, sarden, herring, atau makarel.

Merasa Bingung di Tempat Ramai

Jika anda merasa terganggu, terbebani atau pusing saat berada di tempat ramai, kemungkinan itu karena anda mengalami kelebihan sensorik. Saat hal tersebut terjadi, disarankan untuk segera mendapatkan asupan omega-3 ke dalam pola makan anda.

Kekurangan Vitamin Tertentu

 Jika anda telah didiagnosa kekurangan vitamin A, D, E, dan K, maka anda harus segera mendapatkan asupan lemak yang cukup. Vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan tubuh anda untuk digunakan sebagai pertumbuhan, kekebalan tubuh, perbaikan sel, dan pembekuan darah. Pastinya anda sudah dapat membayangkan apa yang akan terjadi dengan tubuh anda jika kekurangan vitamin-vitamin penting tersebut, bukan?

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post