CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi di Yogyakarta

Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi di Yogyakarta – Siapa yang tidak kenal dengan Kota Yogyakarta, sebuah propinsi di jawa tengah yang kaya akan adat dan tradisi yang terpelihara sejak berabad-abad yang lalu. Yogyakarta adalah Daerah Istimewa karena secara turun temurun dipimpin oleh seorang Sultan.

Warga Yogyakarta terkenal ramah, irama kehidupan di Yogyakarta terkesan lebih santai tidak seperti kota-kota besar yang lainnya di Indonesia. Bagi yang pernah kuliah di Yogyakarta pasti setiap saat akan merasa kangen dan rindu untuk kembali ke kota Yogyakarta tidak heran memang kata orang bahwa kota Yogya terbuat dari Rindu dan Nostalgia.

Kota Yogyakarta selain kaya akan bermacam-macam kuliner yang enak juga mempunyai tempat wisata yang menarik yang wajib anda kunjungi waktu bermain ke kota Yogya. Mari simak dulu beberapa rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta.

Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi di Yogyakarta

1. Candi Prambanan

candi-prambanan yogyakarta

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terbesar di Indonesia yang mempunyai ketinggian 47 meter, dibangun pada abad ke 9. Candi Prambanan ini sering disebut Candi Roro Jonggrang karena dikaitkan dengan legenda seorang putri Prabu Boko.

Candi Prambanan ini berada 17 km dari kota Yogyakarta, tepatnya dekat dengan Kalasan. Candi ini juga terletak di perbatasan 2 provinsi yaitu Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Untuk mencapai Candi Prambanan ini sangat mudah, anda bisa naik Trans Yogya lalu turun di Halte Prambanan.

Untuk masuk ke Komplek Candi Prambanan anda hanya membayar Rp 30.000 untuk Dewasa dan Rp 12.500 untuk anak-anak dibawah 6 tahun.

2. Kampung Wijilan Yogyakarta

wijilan-yogyakarta

Kampung Wijilan merupakan pusat pecinta kuliner Gudeg Jogja, Wijilan disebut juga Kampung Sentra Gudeg karena terdapat banyak warung-warung penjual Gudeg, lokasi Wijilan tidak jauh dari kawasan Prawirotaman. Di Wijilan ini dapat ditemui beberapa penjual Gudeg yang sudah terkenal sampai keluar Yogya antara lain Gudeg Yu Djum dan terdapat pula penjual gudeg pertama kali di Wijilan WArung Gudeg Bu Slamet.

3. Tugu Jogja

Tugu-Jogja-Yogyakarta-jogja

Tugu Jogja merupakan landmark terkenal di Yogyakarta, bila anda bertanya dimana letak Tugu Jogja kepada setiap orang di sekitaran kota Yogya pasti mereka akan mengetahui letak Tugu Jogja tersebut. Tugu Jogja ini telah berusia sekitar 3 abad dan menyimpan banyak sekali makna dan sejarah Yogyakarta.

Tugu Jogja dibangun oleh Hamengku Buwono I yang beliau juga pendiri Keraton Yogyakarta, Tugu ini menurut dunia spiritual adalah sebuah penghubung antara Laut Selatan, Keraton Jogja dan Gunung Merapi.

Tugu Jogja ini terletak di tengah perempatan Jl Pangeran Mangkubumi – Jenderal Sudirman , Jl AM Sangaji dan Jl Pangeran Diponegoro dan sangat mudah diakses karena terletak di tempat strategis untuk melihat Tugu Jogja tidak dikenakan biaya atau gratis.

4. Candi Borobudur

candi-borobudur-yogyakota

Candi Borobudur sebenarnya sudah berada diluar kota Yogyakarta tepatnya di Magelang, tetapi termasuk kategori tempat pariwisata di sekitar Yogyakarta. Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-9 dibawah kekuasaaan Dinasti Syailendra. Candi ini dibangun dalam arisitektur Gupta secara arsitektur terpengaruh oleh budaya India.

Candi Borobudur ini letaknya sekitar 40 km dari Yogyakarta dan sampai sekarang Candi Borobudur masih tetap dikunjungi oleh biksu dari berbagai belahan penjuru dunia untuk berziarah.

5. Jalan Malioboro

jalan malioboro yogyakarta

Jalan yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Jalan Malioboro, jalan yang terletak di pusat kota Yogya ini sudah terkenal sebagai tempat pariwisata dan tempat belanja berbagai macam oleh-oleh.

Jalan Malioboro pada waktu siang dipenuhi oleh pedagang pakaian, berbagai macam kerajinan,tas, sandal dan gantungan kunci dll . Pada waktu malam hari akan berganti dipenuhi oleh pedagang makanan lesehan berbagai macam menu yang enak.

6. Gunung Merapi

Gambar-pemandangan-gunung-merapi-taman-nasional

Gunung Merapi merupakan satu-satunya gunung berapi yang masih aktif yang terletak di Yogyakarta, Dengan ketinggian 2968 m. dml (kondisi tahun 2001) atau 3079 meter di atas kota Jogja, Gunung Merapi terletak pada 7°32,5′ Lintang Selatan dan 110°26,5′ Bujur Timur sehingga secara administratif gunung ini termasuk di wilayah Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten.

Dengan ketinggian 2968 m. dml (kondisi tahun 2001) atau 3079 meter di atas kota Jogja, Gunung Merapi terletak pada 7°32,5′ Lintang Selatan dan 110°26,5′ Bujur Timur sehingga secara administratif gunung ini termasuk di wilayah Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten.

7. Pantai Baron

pantai-baron-yogyakota

Pantai yang jaraknya berada sekitar 65km dari pusat kota Jogja tepatnya di  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Gunung Kidul Yogyakarta ini mempunyai pesona pemandangan yang indah serta yaitu tempat untuk Anda yang mau menyantap bermacam hidangan laut.

Pantai Baron tetap menyajikan sebuah pemandangan yang tidak bisa kita lewatkan. Warna air sungai bawah tanah yang kehijauan berpadu sempurna dengan tanaman hijau di atasnya, sebelum akhirnya bertabrakan dengan air laut yang kebiruan. Pasirnya memang tidak terlalu putih, namun tergolong cantik ketika berpadu dengan dua bukit karang yang menjulang tinggi di sekitarnya.

8. Pantai Siung Gunung Kidul

pantai siung yogyakarta

Pantai siung ini terletak di Kecamatan Tepus berjarak 100 km dari kota Yogyakarta menawarkan tempat pemanjatan yang menantang dan pesona pemandangan laut yang menarik. Banyak para pemanjat dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke tempat ini untuk mencoba menaklukkan tebing yang berada di pantai Siung ini.

Pantai ini cukup luas untuk melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari bermain pasir dan ombak, memancing dan bermain voli pantai. Kondisi pantai ini tidak terlalu ramai dan cenderung sepi sehingga sangat nyaman dan tenang untuk berlibur..

Pantai Siung ini semakin banyak dikunjungi wisatawan terutama pada saat liburan dan akhir pekan. Komunitas MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) dari berbagai kampus dan FPTI ( Forum Pemanjat Tebing Indonesia ) sering menggunakan tempat ini untuk melaksanakan diklat maupun latihan pada hari sabtu dan minggu.

Di kawasan panjat tebing tersebut terdapat sekitar 250 jalur untuk pemanjatan dengan tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga banyak orang menyebut pantai Siung ini sebagai the best rock climbing site ini Yogyakarta.

9. Keraton Yogyakarta

keraton-yogyakarta

Tidak kalah menariknya, Keraton Yogyakarta juga merupakan salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi di Yogyakarta. Keraton Yogyakarta adalah sebuah bangunan yang bersejarah dari kesultanan Yogyakarta yang menjadi tempat tinggal Sultan dan keluarganya.

Selain Anda bisa menikmati keindahan arsitektur kuno, disini Anda juga bisa berkunjung ke sebuah museum yang memiliki koleksi barang-barang milik kesultanan Yogyakarta yang sebagian besar merupakan hadiah dari para raja Eropa.

Kraton Yogyakarta Hadiningrat berada tepat di sebelah selatan Alun-alun Utara kota Yogyakarta atau hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari Jalan Malioboro atau yang kini telah resmi berganti nama menjadi jalan Margo Mulyo. Jadi jika Anda menggunakan kereta api, silahkan turun di stasiun Tugu lalu berjalan lurus ke arah selatan melewati perempatan Jalan Malioboro sampai bertemu dengan lapangan luas yang tidak lain adalah Alun-alun Utara.

10. Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Istana-Air-Taman-Sari-2

Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah bekas taman Keraton Yogyakarta yang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I (1758-1765).

Keistimewaan lainnya di area taman sari adalah masjid bawah tanah. Untuk menuju masjid bawah tanah, Anda harus melewati jalan yang berupa lorong-lorong panjang dan tangga-tangga. Gaya arsitektur masjid ini tidak seperti masjid-masjid pada umumnya yang berbentuk persegi, melainkan berbentuk lingkaran. Di tengah-tengah masjid ini terdapat sumur yang disebut Sumur Gumilang.

Taman Sari Yogyakarta berada tidak jauh dari Keraton Yogyakarta adalah tempat wisata yang harus dikunjungi di Yogyakarta hanya berjarak hanya kurang lebih 1 km dan dekat dengan alun-alun Selatan Yogyakarta. Jika berangkat dari Jalan Malioboro, maka Anda cukup berkendara menuju ke Selatan ke arah Keraton Yogyakarta atau Alun-alun utara Jogja.

Pencarian Populer:

Related Post

  • Inilah Soto Terkenal Langganan Para Petinggi Negeri Ini

    Semua orang pasti suka soto, makanan semua kalangan yang banyak disukai. Hampir di semua daerah di Indonesia mempunyai varian soto dan tidak terkecuali di Yogyakarta. Jadi tidak heran kalau soto
  • de-arca-museum-yogyakarta-2 60x60

    Mau Bertemu Tokoh Idola? Ke De Arca Museum Aja

    Kalau luar negeri punya Museum Madame Tussauds, Indonesia khususnya Yogyakarta mempunyai De Arca Museum. Tempat ini adalah museum patung pertama di Indonesia, dimana di tempat ini akan disuguhi
  • casa-meira-jogjakarta 60x60

    Casa Meira Yang Akan Menyihir Anda Dengan Taman Rahasianya

    Tidak ada yang tahu kalau di Gunungkidul, Yogyakarta terdapat tempat tinggal yang sangat cantik dengan taman rahasia yang terdapat di dalamnya? Lokasinya tidak jauh dari beberapa tempat piknik
  • ronde-jogja-mbah-payem-1 60x60

    Sang Legenda Ronde Jogja, Mbah Payem

    Sang Legenda Ronde Jogja, Mbah Payem - Apresiasi setinggi tingginya benar benar pantas dialamatkan kepada seorang wanita yang sudah tidak muda lagi namun masih gigih berdiri dalam remangnya sinar
  • pantai-parangtritis 60x60

    5 Spot Terbaik Nikmati Senja di Yogyakarta

    5 Spot Terbaik Nikmati Senja di Yogyakarta - Beberapa orang berujar kalau Tuhan itu romantis dengan menciptakan senja. Ya, senja memanglah senantiasa disamakan dengan beberapa hal melankolis serta
  • Translate »